Home Informasi Serta Merta Polres Musi Rawas Lakukan Pengamanan Aksi Unras di Kantor DPRD Kabupaten Musi...

Polres Musi Rawas Lakukan Pengamanan Aksi Unras di Kantor DPRD Kabupaten Musi Rawas

0

Musi Rawas- Pada hari Senin tanggal 19 Juni 2017 pukul 10.30 wib, telah berlangsung Pengamanan aksi unjuk rasa ke kantor DPRD Kab.Mura dari buruh subkontrak PT AKL, Selaku korlap an. Zainuri sebagai pengurus Federasih Serikat Buruh Musi Rawas (FSB-MURA), 32 tahun, Pekerjaan Swasta, alamat Desa Rantau Bingin Kec. Tiang Pumpung Kepungut (TPK) Kab. Musi Rawas. berdasarkan surat pemberitahuan dari Federasih Serikat Buruh Musi Rawas (FSB-MURA) nomor : 013/FSB-MURA/06/2017 perihal surat pemberitahuan aksi unjuk rasa damai.

Para pengunjuk rasa ini menggunakan peralatan :
– Kendaraan R4 sebanyak 2 unit.
– Ranmor R2 sebanyak -+ 50 unit,
– Atribut : karton yang berisikan tuntutan dan 10 bendera FSB-Mura.
-Jumlah massa : ± 150 orang dari masyarakat Desa Kebur, Durian remuk,Ma.Kati Kec. TPK,
Titik kumpul : Simpang desa Durian Remuk Kec.Ma.Beliti Kab. Musi Rawas

Aksi unjuk rasa tersebut menyampaikan permasalahan tentang hak2 para buruh yg bekerja melalui subkontraktor di P.T AKL yang tdk di penuhi oleh pihak pengusaha / perusahaan sbb :
a. Pekerja /buruh tdk mendapatkan THR sedangkan masa kerjanya sudah lebih satu tahun bahkan ada yg sdh 4 tahun
b. Pekerja atau buruh hanya di berikan THR paling besar Rp.400.000,- bahkan ada yg di berikan Rp.200.000,- dengan masa kerja lebih dari 1 tahun bahkan ada yg 4 tahun
c. Pekerja /buruh tdk di berikan alat pelindung diri (APD) sedangkan APD sdh di atur dalam aturan menteri tenaga kerja no 08 tahun 2010.
d. Pekerja atw buruh tdk di daftarkan peserta BPJS kesehatan & keternagakerjaan.

Adapun tuntutan dari massa pengunjuk rasa yakni menuntut :
a. mendesak DPRD kab.mura agar segera memanggil pihak pengusaha yg bersangkutan
b. agar DPRD kab.mura mendesak pengusaha agar memberikan hak2 pekerja sebagaimana sdh disebutkan di atas
c. jika tuntutan tersebut tetap tidak di penuhi, agar DPRD kab.mura segera memberi sanksi jika perlu cabut izin operasionalnya.
d. jika tuntutan tersebut tdk terpenuhi maka pihak buruh akan melakukan aksi kembali.

Massa yang melakukan unras damai diterima Anggota Dewan Komisi 4 sdr. In Sugiarto yg menyampaikan bahwa tuntutan akan ditampung dan akan diteruskan ke komisi I DPRD Kab.Mura yang menangani permasalahan buruh dan keputusannya akan disampaikan tgl.21 Juni 2017.
Kemudian hampir seluruh anggota dewan komisi 1 tidak ada yang hadire bahkan yang sudah terlanjur hadir sdr.Wahisun dan Din Said kabur dan enggan menemui massa yang melakukan aksi.

Kapolres Musi Rawas AKBP PAMBUDI, SIK membenarkan adanya Anggota Polres Musi Rawas laksanakan pengamanan aksi unras yang dilakukan oleh warga Desa Kebur, Durian remuk,Ma.Kati Kec. TPK. Kita harus berikan pelayanan yang terbaik walaupun kita sedang melaksanakan ibadah puasa, ujar Kapolres.

SHARE