Home POLDA JAWA TENGAH POLRES PEMALANG SIKD : Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Polri Berbasis Website

SIKD : Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Polri Berbasis Website

0
SIKD : Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Polri Berbasis Website
SIKD : Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Polri Berbasis Website

Kasium Polres Pemalang Ipda Ngasri dan Kasium Polsek Jajaran serta pengembang fungsi kesekretariatan mengikuti video conference (Vicon) yang diselenggarakan oleh Setum Polri di Ruang PPKO Polres Pemalang pada tanggal 14 Juni 2017.

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), menurut Ipda Ngasri merupakan sebuah terobosan baru dalam pengelolaan kearsipan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

“Tujuan dari SIKD tersebut adalah terwujudnya Sekretariat Umum Polri yang handal, proaktif, dinamis dan modern. Untuk mencapai hal tersebut Setum Polri mengusung sembilan misi yaitu litnadin, takah, registrasi nadin, undangan rapat dan risalah, reproduksi dan distribusi produk, pemeriksaan, klasifikasi, pemeliharaan dan penyimpanan arsip Polri dan melaksanakan sistem manajemen kearsipan, pembinaan fungsi teknis, pengelolaan program/anggaran dan pelayanan personel, pelayanan pos, penyerapan anggaran, dan meningkatkan kemampuan SDM,” lanjut Ipda Ngasri

Dalam Vicon tersebut, disampaikan beberapa materi : e-litnadin, sistem yang dibuat untuk mengkoreksi naskah dinas, e-Pos, sebuah sistem yang dibuat untuk menerima dan menyalurkan surat yang diterima SEKRETARIAT UMUM POLRI untuk didistribusikan di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Manfaat e-Pos yaitu pimpinan dapat melakukan Pemantauan surat masuk dan keluar di mana saja karena aplikasi e-pos berbasis web dan mempermudah penemuan kembali surat yang telah dikirimkan Satker kewilayahan guna cek/ricek status keberadaan surat, apakah sudah diterima atau belum sesuai alamat yang dituju,” papar Ipda Ngasri bersemangat.

“Kami berharap agar semua yang telah disosialisasikan dapat berjalan. Kedepannya, akan segera terlaksana dan dapat diterapkan oleh seluruh pengemban fungsi kesekretariatan baik di lingkungan Polres maupun Polsek Jajaran, “tegas Ngasri.

Humas Polres Pemalang

SHARE