Home Informasi Serta Merta 1 x 24 Jam Polres Musi Rawas, Bekuk 2 Pelaku Di Tempat...

1 x 24 Jam Polres Musi Rawas, Bekuk 2 Pelaku Di Tempat Berbeda Dengan Kasus Yang Sama

0


Musi Rawas – Seperti Tiada lelah, Polres Musi Rawas memburu Pelaku Kejahatan, kali ini pada 04 Juli 2017 sekira pukul 21.00 Wib di Desa Leban Jaya Kec Tuah Negeri Kab Mura pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang melanggar pasal 365 ayat ke-2 KUHPidana.

Kejadian Berawal dari Korban Serli Ajeng, 20 tahun, Pekerjaan Swasta Alamat Desa L Sidoharjo Kec Tugumulyo Kab Mura bersama sahabatnya Emilia yang dibegal gerombolan Pelaku melaporkan kejadiannya ke Polres Musi Rawas.

Kapolres Musi Rawas AKBP Pambudi, SIK melalui Kasat Reskrim AKP Satria Dwi Dharma, SIK didampingi Kanit Pidum Ipda Bertu H, STK memaparkan dalam press releasenya, kejadian berawal “pada hari Rabu tanggal 21 Juni 2017 sekira pukul 18.45 Wib, telah terjadi Tindak Pidana Curas di Jalan Poros persawahan Desa Kalo Bening Kec Tugumulyo Kab Mura terhadap 2 (dua) orang korban, yang dilakukan oleh 2 (dua) OTD menggunakan 1 (satu) unit sepeda motor Honda Revo tanpa nopol.

Para pelaku tiba-tiba muncul dari belakang sepeda motor yang dikendarai korban Emilia sebagai pengedara motor dan membonceng temannya Serli Ajeng, lalu langsung memepet dan mencabut kunci sepeda motor korban. Setelah mesin motor berhenti, salah satu pelaku mendekati motor dan berusaha merebut motor korban, namun korban Emilia berusaha merebut kembali kunci kontak. Setelah berhasil meraih, korban melempar kunci motornya dikarenakan kesal, pelaku langsung menusuk kedua korban dan merebut tas korban. Lalu kedua pelaku yang tidak berhasil mengambil motor langsung memutar arah ke Desa F Trikoyo Kec Tugumulyo Kab Mura. Atas kejadian tersebut korban Emilia menderita luka tusuk pada rusuk kiri dan luka tusuk pada tangan kiri dibawah ketiak dan korban Serli Ajeng mengalami luka tusuk pada kaki kanan dan mengalami kerugian 1 (satu) unit Handphone Merk Xiaomi dan uang tunai sebesar Rp 250.000,-. Ujar Kasat.

Ditambah Kasat didampingi Kanit Pidum menambahkan, “setelah Korban melaporkan kejadian kami langsung mengecek TKP dan melakukan penyelidikan, kemudian setelah mengantongi beberapa Pelaku yang diduga melakukan Tindak Pidana tersebut, kami membentuk TIM untuk memburu Pelaku.

Kemudian pada (04/07) sekira jam 21.00 Wib Tim Buser Polres Mura yang dipimpin langsung oleh Kanit Pidum Ipda Bertu H, STK, melakukan penangkapan terhadap Pelaku Hasanudin alias Gaga Suganda, 25 tahun, Pekerjaan Swasta, warga Dusun I Desa Mana Resmi Kec Muara Beliti Kab Muradi Desa Leban Jaya Kec Tuah Negeri Kab Mura.

Penangkapan bermula dari adanya informasi bahwa pelaku sedang berada di dalam rumah. Petugas langsung mendobrak pintu rumah dan kemudian salah satu pelaku Gaga berusaha melawan petugas dengan cara merebut senjata petugas dan berusaha melarikan diri. Petugas melakukan pengejaran sambil memberikan tembakan peringatan, namun tidak diindahkan.

Akhirnya petugas terpaksa memberikan tembakan terarah untuk melumpuhkan Ybs. Pelaku berhasil diamankan dan selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. Atas tindak pidana yang dilakukan oleh kedua pelaku, yang bersangkutan diamankan di Mapolres Musi Rawas demi keamanan dan untuk penyidikan lebih lanjut.

Kemudian pada (05/07) sekira Jam 12.30 dari hasil pengembangan dan penyidikan terhadap Pelaku Gaga, Tim Buser melakukan penangkapan Riki Efrandi, 20 tahun, Pekerjaan Tani, warga Dusun I Desa Mana Resmi Kec Muara Beliti Kab Mura di pondok kebun karet di Desa Bumi Agung Kec Muara Beliti Kab Mura.

Saat sampai di TKP, Petugas langsung turun dari kendaraan dan langsung melakukan penangkapan, namun saat melihat petugas, pelaku langsung berusaha melarikan diri. Petugas berusaha mengejar dan mengeluarkan tembakan peringatan. Namun pelaku tidak mengindahkan dan tetap melarikan diri. Akhirnya petugas terpaksa memberikan tembakan terarah untuk melumpuhkan Ybs. Pelaku berhasil diamankan dan selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. Atas tindak pidana yang dilakukan oleh pelaku, yang bersangkutan diamankan pula di Mapolres Musi Rawas demi keamanan dan untuk penyidikan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan Pelaku Gaga terlibat 3 (tiga) Laporan Polisi di wilayah Polsek Tugumulyo : pada bulan maret dan mei 2017.

Kemudian Kapolres Mura AKBP Pambudi, SIK menambahkan “Kami tidak akan pernah berhenti mengejar dan memburu Pelaku Kejahatan, tidak ada tempat yang aman dan nyaman untuk melakukan kejahatan di Kab. Mura dan Muratara” tegas Kapolres.

SHARE