Home Informasi Setiap saat BidangTIK Polda Sumut Menjelaskan Penggunaan Aplikasi E-Policing “Polisi Kita’

BidangTIK Polda Sumut Menjelaskan Penggunaan Aplikasi E-Policing “Polisi Kita’

0

Kapolda Sumatera Utara menerima penjelasan dari Tim IT tentang E-Policing “Polisi Kita” di ruang rapat Sinabung Lt. II Polda Sumut. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakapolda Sumut, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Wakapolrestabes Medan, serta Kapolsek sejajaran Polrestabes Medan.

Dalam kegiatan ini, dijelaskan apa itu aplikasi E-Policing “Polisi Kita” serta dijelaskan bagaimana cara penggunaanya. Jika ada masyarakat yang melapor akan ditandai dengan bunyi sirine ke Polsek terdekat dari suatu kejadian. Kapolda Sumut turut mencoba aplikasi Polisi Kita dengan berpura-pura menjadi pelapor dan melaporkan kejadian begal ke Polsek Medan Kota yang langsung direspon cepat oleh operator dari Polsek Medan Kota.

Selain itu, Bid TI Polda Sumut memperkenalkan aplikasi baru yaitu peta digital. Didalam peta digital ini akan ada simbol yang menandakan kondisi dari suatu daerah. Ada tiga simbol didalam peta digital tersebut yaitu hijau, kuning dan merah.Simbol hijau menandakan bahwa ada suatu konflik didaerah tersebut namun sudah diselesaikan baik Polres maupun Polsek terdekat, simbol kuning menandakan konflik yang terjadi disuatu daerah sedang dalam proses penyelesaian, sedangkan simbol merah menandakan bahwa baru saja terjadi konflik disuatu daerah.

Kapolda berharap dengan adanya aplikasi E-Policing “Polisi Kita” serta peta digital penanganan konflik di Sumatera Utara dapat tertangani dengan cepat.

Kapolda juga menghimbau kepada seluruh Kapolsek sejajaran Polda Sumut untuk melaporkan setiap konflik kepada Wakapolrestabes Medan walaupun itu hanya konflik kecil. Nantinya, Wakapolrestabes Medan akan meneruskan laporan dari para Kapolsek kepada Kapolda Sumut sehingga konflik yang terjadi cepat terselesaikan.

SHARE