Home Informasi Serta Merta Kapolres Ogan Ilir Mengizinkan Warga Bakar Lahan, Namun Ada Hal Yang Harus...

Kapolres Ogan Ilir Mengizinkan Warga Bakar Lahan, Namun Ada Hal Yang Harus Diperhatikan

0
Kapolres Ogan Ilir Mengizinkan Warga Bakar Lahan, Namun Ada Hal Yang Harus Diperhatikan

Polda Sumsel – Kepala Kepolisian Resor Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, AKBP M. Arief Rifai mengatakan, warga yang akan membuka lahan pertanian boleh saja membakar lahan, namun ada hal yang harus diperhatikan. Sebenarnya pembakaran lahan itu boleh tapi harus terkendali, dibuat sekat di area yang akan dibakar dan dikumpulkan rumput itu kalau memang untuk membuka lahan, lalu ditunggui sampai apinya mati, ujar Kapolres Ogan Ilir saat memimpin rapat penanggulangan bencana Karhutla bersama aparatur desa se-Ogan Ilir di Mapolres OI, pada Senin (24-7-2017).

 

Dilanjutkannya, selama ini masyakarat menggunakan cara yang salah dalam membuka lahan, sehingga menyebabkan bencana Karhutla seperti yang melanda Provinsi Sumsel dua tahun lalu. Jangan pakai cara yang instan, lahan dibasahi dengan bensin, dibakar, lalu ditinggalkan. Ini kan namanya disengaja, tidak bisa seperti itu, tegas Kapolres Ogan Ilir.

 

Selain mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan, Kapolres Ogan Ilir juga mengajak masyakarat ikut mengawasi aksi pembakaran lahan. Ini (penanggulangan Karhutla) tidak hanya tugas Polri dan TNI, masyarakat juga harus ambil peran, tandasnya.

SHARE