Home POLDA SULAWESI SELATAN POLRES SOPPENG Kapolres Soppeng Jadi Pemateri Bela Negara di Madrasah Darul Da’wah Islamiyah

Kapolres Soppeng Jadi Pemateri Bela Negara di Madrasah Darul Da’wah Islamiyah

0

Watansoppeng,Sulsel – Penyuluhan dan Pembekalan Bela Negara dilaksanakan Polres Polres di MTSN Darul Da’wah Islamiyah Pattojo Kec. Liliriaja Soppeng, Rabu 26/7/17

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Soppeng Akbp Indra Lutrianto Amstono S.H, MS.i, selaku Ketua Tim Penyuluh, didampingi Kepala Dinas KesbangPol Kab. Soppeng Drs. Arafah Sm,Hk.,M.Si, Kasat Binmas Polres Soppeng AKP H. Firman, SE, Kaur Bin Ops Sat. Binmas Polres Soppeng Ipda Aseb Sibli, Kapolsek Liliriaja Akp.MT.Sandalino, Kepala Sekolah MTS DDI Pattojo Najemuddin, S.Ag.,M.Pd.I.

Peserta kegiatan ini yaitu para Guru dan Pengasuh Pondok Pesantren se- Kab. Soppeng, para Perwakilan Siswa / Siswi tingkat SMP, SMA dan Pondok Pesantren se- Kab. Soppeng yang jumlah sekitar 400 orang.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, dilanjutkan sambutan Kapolres Soppeng, yang secara resmi membuka kegiatan.

Dalam sambutannya Kapolres Soppeng
menyampaikan tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menanamkan jiwa Patriotisme, Jiwa Kebangsaan dan Bela Negara, menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan rela berkorban demi keutuhan NKRI.

Kapolres Soppeng juga mengajak seluruh peserta agar bijak dalam mengkonsumsi informasi di Media Sosial, denantiasa membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan dari pengaruh dan perkembangan dampak globalisasi karena tidak semua informasi di internet itu benar, jangan mudah percaya generasi cerdas memiliki mental dan kepribadian yang kuat bersih narkoba dan miras serta tidak melakukan pelanggaran hukum.

“Wujud partisipasi pelajar dalam kaitannya dengan Bela Negara yaitu pertama harus dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat yaitu menanamkan sikap disiplin sejak dini,” ungkap Kapolres Soppeng.

Kapolres Soppeng juga menjelaskan peran Polri terkait Bela Negara yaitu Pertama sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban, masyarakat, Kedua Melindungi, Mengayomi dan Melayani Masyarakat dan ketiga sebagai Penegak Hukum.

“Polri tidak dapat bekerja sendiri tanpa adanya bantuan dan dukungan dari Pemerintah, stackholder dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk peran dan partisipasi para Siswa / siswi dan rekan guru yang hadir dalam kesempatan ini, Polri Promoter butuh dukungan”, ungkap Kapolres Soppeng.

Selanjutnya Kapolres Soppeng secara simbolis menyematkan PIN “jaga NKRI bangun Soppeng” yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan Kapolres Soppeng terkait 4 Pilar kebangsaan, untuk kembali mengingatkan tentang 4 pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. 👍

SHARE