Home Informasi Setiap saat Oknum PNS Asahan Diamankan Polres Tanjungbalai,Cetak Uang Palsu

Oknum PNS Asahan Diamankan Polres Tanjungbalai,Cetak Uang Palsu

0

Diduga mencetak dan mengedarkan  uang palsu, oknum PNS Pemkab Asahan  B (35) ditangkap petugas Polres Tanjungbalai, di kediamannya Jalan Pembangunan, Lk III, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso, Senin (24/7) malam.

Tersangka  mengedarkan uang palsu yang dicetaknya sendiri menggunakan printer dan selembar kertas HVS. Uang palsu yang dicetak tersangka berupa uang kertas lembaran Rp10.000, Rp 20.000 dan Rp 50.000.

Tersangka PNS Pemkab Asahan, mengaku sudah seminggu mencetak uang palsu. Tersangka mengaku menyerahkan uang palsu senilai dua juta kepada Z dengan bayaran Rp 250 ribu, ujar Kapolres AKBP Tri Setyadi Artono didampingi Kasubbag Humas AKP Y Sinulingga   di Mapolres Tanjungbalai, Selasa (25/7) petang.

Tri menuturkan, uang palsu yang diamankan dari tersangka sebanyak Rp6,5 juta berupa uang kertas lembaran Rp 10.000, Rp 20.000 dan Rp 50.000.”Uang palsu yang dicetaknya Rp6,5 juta termasuk Rp 2 juta beredar yang diserahkan tersangka kepada Z. Kita terus mendalami peredaran uang palsu mana tahu ada karena sudah seminggu aksinya ini termasuk mencari keberadaan Z yang katanya masih warga Tanjungbalai juga.

Oknum PNS  itu mengaku terpaksa bertindak nekat akibat gaji yang diterimanya tak mencukupi. Saya butuh duit karena gaji saya sudah dipotong dan hanya Rp800 ribu setiap bulannya saya terima.

 

Tersangka mencetak uang palsu dengan bermodalkan satu unit printer beserta tinta, kertas HVS dan komputer. Tanpa belajar mencetaknya ujar B .

Akibat perbuatannya, B terancam melanggar Pasal 244 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara.

 

SHARE