Home Informasi Setiap saat Setor Uang Palsu Ke Bank, Pria Ini Diamankan Polisi

Setor Uang Palsu Ke Bank, Pria Ini Diamankan Polisi

0
Setor Uang Palsu Ke Bank, Pria Ini Diamankan Polisi

Polda Sumsel – Kepolisian Sektor Prabumulih Barat Resor Prabumulih Prabumulih, pimpinan AKP Sofyan Afandi, SH, pada Selasa (25-7-2017), berhasil melakukan ungkap kasus perkara membawa, menyimpan dan memiliki serta menguasai mata uang rupiah yang diduga palsu sebagaimana Pasal 36 ayat 2 dan 3 UU No. 07 tahun 2011 tentang mata uang. Pelaku inisial ROS (40), warga Jl. Sampurna Kel. Prabu Jaya Kec. Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

 

Terpaksa diamankan oleh Tim Opsnal Polsek Prabumulih Barat dan Tim Opsnal Polres Prabumulih saat akan menyetor uang di BRI Prabumulih.

 

Tertangkapnya pelaku berawal dari adanya informasi dari masyarakat / satpam Bank BRI bahwa pelaku inisial ROS menyetor uang yang diduga palsu di BRI Kota Prabumulih, kemudian pihak satpam menghubungi petugas kepolsian, Tim Opsnal Polsek Prabumulih Barat dan Tim Opsnal Polres Prabumulih yang berada tidak jauh dari lokasi langsung mendatangi TKP dan mengamankan pelaku inisial ROS dan uang yang diduga palsu sebesar  Rp. 2.950.000 (dua juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah) dengan pecahan Rp 50.000,-. Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti, SE, MM melalui Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Sofyan Afandi, SH mengatakan berdasarkan introgasi awal yang dilakukan kepada pelaku.

 

Pelaku mengaku uang tersebut berasal dari hasilnya menjual kebun di daerah Prambatan Kec. Penukal Abab Kab. Pali sebanyak dua bidang seharga Rp. 280.000.000 (dua ratus delapan puluh juta rupiah) dan dijual kepada inisial JUD dan transaksi jual beli kebun tersebut dilakukan pada Selasa (25-7-2017) sekira pukul 07.00 wib di desa Prambatan.

 

Kemudian setelah transaksi uang Rp. 280.000.000 (dua ratus delapan puluh juta rupiah) tersebut akan di tabung di BRI Prabumulih dan ternyata sebanyak Rp. 2.950.000 (dua juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah) pecahan Rp. 50.000, diduga uang palsu.

 

Polres Prabumulih dalam hal ini akan melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia dan melakukan pegembangan dengan mengejar inisial JUD guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut tentang uang palsu tersebut, ujar AKP Sofyan Afandi, SH.

SHARE