Home POLDA SULAWESI SELATAN POLRES SOPPENG Pencanangan Program Optimalisasi 3 Pilar Kamtibmas Kabupaten Soppeng

Pencanangan Program Optimalisasi 3 Pilar Kamtibmas Kabupaten Soppeng

0

Watansoppeng Sulawesi Selatan – Gedung Pertemuan Masyarakat Soppeng menjadi lokasi dilaksanakannya kegiatan pencangangan dan deklarasi optimalisasi peran 3 pilar Kamtibmas (Lurah/Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa) dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Soppeng, Rabu 09/08/17, pukul 08.30 Wita

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak SE, Wakil Ketua DPRD 2 Kab. Soppeng A. Mapparemma, Kapolres Soppeng Akbp Indra Lutrianto Amstono SH, M,Si, Ketua PN Negeri Soppeng Irianto Prijatna Utama SH. MH, Kasdim 1423 Soppeng Mayor Inf Timin Budiyanto, Kejari Soppengg yang diwakili Kasi Intel Kejari Soppeng, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Danramil, Perwira Staf TNI Kodim 1423 Soppeng dan Polres Soppeng, Camat, Lurah, Kades, Kepala Lingkungan se Kab. Soppeng, Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Soppeng serta Babinsa jajaran Kodim 1423 Soppeng.

Acara diawali sambutan Kapolres Soppeng Akbp Indra Lutrianto Amstono SH, M,S.i, dalam kesempatan tersebut Kapolres Soppeng berterima kasih kepada unsur terkait, Camat, Kepala Dusun, Lurah dan seluruh undangan yang hadir sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sebagai langkah awal menuju Kabupaten Soppeng yang aman, tertib dan sadar hukum.

Kapolres Soppeng dalam sambutannya menjelaskan, “bahwa menjaga keamanan bukan hanya milik Polri, namun milik seluruh komponen masyarakat yangg turut serta dalam upaya2 menjaga keamanan dan ketertiban, guna tertib dan amannya sendi kehidupan di dalam masyarakat maka diperlukan konsolidasi dan sinergitas dari seluruh elemen masyarakat di tingkat desa sebagai katalisator dan pendeteksi dini potensi gangguan kamtibmas di wilayah pedesaan.”

Dalam kondisi tersebut maka tepatlah pendayagunaan keberadaan tiga pilar di desa karena peran Tiga Pilar di Pemerintahan Desa/Kelurahan yang terdiri dari Kades/Lurah dari unsur pemerintahan, Bhabinkamtibmas dari unsur Kepolisian dan Babinsa dari unsur TNI-AD memiliki posisi yang sangat strategis.

“Tiga Pilar Kamtibmas ini harus bersinergi dalam mendeteksi dini adanya gangguan kamtibmas terutama bahaya terorisme dan konflik sosial / SARA, dengan dasar tradisi kebersamaan dan sinergitas yang telah terbangun antara aparat pemerintahan di desa dengan masyarakat maka akan timbul budaya pakewuh, selain itu digelarnya penguatan Tiga Pilar Kamtibmas ini merupakan bentuk pembenahan terhadap Babinkamtibmas, Babinsa dan kepala desa agar menjadi satu kesatuan dalam kemitraaan kerjasama menjaga keamanan dan ketertiban.”

Dijelaskan Kapolres Soppeng, “secara umum peran dan tugas pokok Tiga Pilar Kamtibmas ini yang pertama yaitu deteksi dini keamanan, dimana masyarakat adalah pihak yang pertama kali mengerti dan merasakan masalah yang ada dan berkembang di wilayahnya. Tiga Pilar berperan mengumpulkan informasi yang ada di masyarakat yang kemudian dianalisis dan disampaikan kepada pimpinan secara lebih dini untuk pencegahan terjadinya guan kamtibmas.”

“Kedua yaitu penanganan preventif/cegah dini, dimana Tiga Pilar ini adalah fasilitatot dan menjadi problem solving gangguan sosial yang terjadi di desa dengan upaya2 pencegahan dan pembinaan ysng diharapkan dapat mencegah terjadinya pelanggaran atau kejahatan di wilayah tugasnya, fungsi ketiga yaitu pembantuan penegakan hukum sebagai aparat penegak hukum dalam tindakan tindakan penegakan hukum di masyarakat apabila dibutuhkan, tiga pilar juga menjadi pendamping dalam menyampaikan persoalan hukum yang mereka hadapi, yang tentunya masalah hukum yang tidak berat dan dapat dimediasi dengan kekeluargaan.”

“Terakhir yaitu menjadi katalisator pengembangan kesadaran dan keterlibatan masyarakat, kita melihat kecenderungan masyarakat sekarang ini yang mulai apatis terhadap penanganan gangguan keamanan serta pentingnya kerja sama Polri dan masyarakat dalam menghadapi gangguan keamanan, maka Tiga patutlah menjadi contoh wujud sinergitas antara Polri, TNI dan Pemerintah Desa yang tentunya akan membawa dampak positif untuk masyarakat.”

Kapolres Soppeng mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk budayakan sungkan, dan santun terhadap sesama karena Soppeng terkenal dengan masyarakatnya yang ramah, dan program 3 pilar ini merupakan bentuk penguatan kita bersama, untuk menjalin kemitraan yang sinergis sehingga keamanan dan ketertiban di Desa kita dapat tercipta. Sambang ke Desa- desa nantinya akan dilaksanakan bersama segenap unsur Forkopimda untuk menyapa warga secara langsung, dan menjelajahi Soppeng Indah, tutup Kapolres Soppeng.

Sementara Bupati Soppeng H. A kaswadi Razak dalam sambutannya sekaligus mencanangkan secara resmi tiga pilar kamtibmas mengungkapkan, “kegiatan ini sangat sesuai dengan momentum HUT Kemerdekaan RI ke – 72 dan terima kasih kepada Kapolres Soppeng atas program optimalisasi Tiga Pilar Kamtibmas dan inilah ujung tombak Kabupaten Soppeng yang harus kita pertajam, jangan dibuat tumpul, harus dengan kerja bersama sesuai tema HUT Kemerdekan RI ke 72.”

“Kita harus buktikan Bahwa Prakarsa dari Bapak Kapolres Soppeng untuk mengoptimalkan 3 pilar ini, insyah Allah mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab Soppeng, 3 Elemen ini mampu menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan Kondusif, diharapkan penanggung jawab di Desa punya kemampuan yang jelas, olehnya itu rekan Media / jurnalis turut serta dalam pemberitaan dengan memberikan informasi sesuai fakta agar tidak menimbulkan simpang siuran informasi di masyarakat dan mencegah gesekan- gesekan yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas.”

Bupati Soppeng juga menginstruksikan kepada para Kades, Lurah untuk meningkatkan Pos Kamling yang melibatkan penyuluh dan tokoh Agama setempat. “Mari kita manfaatkan Program ini, atas nama pemerintah Daerah Kab. Soppeng Bupati Soppeng sangat mengapresiasi Kapolres beserta jajarannya, besar harapan kami, dan untuk komponen yang terlibat agar dukungannya ditingkatkan, termasuk rekan rekan media agar memberikan pemberitaan-pemberitaan yang menyejukkan.”

Selanjutnya dilaksanakan penyematan Pin 3 Pilar Kamtibmas kepada masing – masing perwakilan Babinsa Kodim 1423 Soppeng, Bhabinkamtibmas Polres Soppeng dan Lurah / Kades, oleh Bupati Soppeng, dilanjutkan dengan Kapolres Soppeng, Kasdim 1423 Soppeng, Wakil Ketua DPRD Kab. Soppeng, Ketua PN Soppeng dan Kejari Soppeng.(y)

SHARE