Home POLDA SULAWESI SELATAN POLRES SOPPENG 3 Pilar Kamtibmas, Ujung Tombak Pemelihara Kamtibmas Kabupaten Soppeng

3 Pilar Kamtibmas, Ujung Tombak Pemelihara Kamtibmas Kabupaten Soppeng

0

Soppeng Sulawesi Selatan – Menjaga keamanan bukan hanya milik Polri, namun milik seluruh komponen. Hal itu diungkapkan Kapolres Soppeng AKBP Indra Lutrianto Amstono SH, M.Si saat memberikan sambutan pada kegiatan Optimalisasi Peran 3 Pilar Kamtibmas di Gedung Pertemuan Soppeng, Rabu (9/8/17).

“Masyarakat turut serta dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban, guna tertib dan amannya sendi kehidupan didalam masyarakat maka diperlukan konsolidasi dan sinergitas dari seluruh elemen masyarakat di tingkat desa sebagai katalisator dan pendeteksi dini potensi gangguan kamtibmas di wilayah pedesaan”. Ungkap Indra.

Kapolres Indra lebih lanjut menjelaskan peran Tiga Pilar di Pemerintahan Desa/Kelurahan yang terdiri dari Kades/Lurah dari unsur pemerintahan, Bhabinkamtibmas dari unsur Kepolisian dan Babinsa dari unsur TNI-AD memiliki posisi yang sangat strategis. Tiga Pilar Kamtibmas harus bersinergi dalam mendeteksi dini adanya gangguan kamtibmas terutama bahaya terorisme dan konflik sosial/SARA, dengan dasar tradisi kebersamaan dan sinergitas yang telah terbangun antara aparat pemerintahan di desa dengan masyarakat maka akan timbul budaya pakewuh, selain itu digelarnya penguatan Tiga Pilar Kamtibmas tersebut merupakan bentuk pembenahan terhadap Babinkamtibmas, Babinsa dan kepala desa agar menjadi satu kesatuan dalam kemitraaan kerjasama menjaga keamanan dan ketertiban.

“Seluruh lapisan masyarakat diharapkan untuk budayakan sungkan, dan santun terhadap sesama karena Soppeng terkenal dengan masyarakatnya yang ramah, dan program 3 pilar ini merupakan bentuk penguatan kita bersama, untuk menjalin kemitraan yang sinergis sehingga keamanan dan ketertiban di Desa kita dapat tercipta. Sambang ke Desa- desa nantinya akan dilaksanakan bersama segenap unsur Forkopimda untuk menyapa warga secara langsung dan menjelajahi Soppeng Indah”. Ujar Indra.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak SE, Wakil Ketua DPRD 2 Kab. Soppeng A. Mapparemma, Kapolres Soppeng Akbp Indra Lutrianto Amstono SH, M,Si, Ketua PN Negeri Soppeng Irianto Prijatna Utama SH. MH, Kasdim 1423 Soppeng Mayor Inf Timin Budiyanto, Kejari Soppengg yang diwakili Kasi Intel Kejari Soppeng, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Danramil, Perwira Staf TNI Kodim 1423 Soppeng dan Polres Soppeng, Camat, Lurah, Kades, Kepala Lingkungan se Kab. Soppeng, Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Soppeng serta Babinsa jajaran Kodim 1423 Soppeng.

SHARE