Home Informasi Setiap saat Ijazah SMA/SMK TP 2016/2017 Belum Keluar, Pencari Kerja Resah

Ijazah SMA/SMK TP 2016/2017 Belum Keluar, Pencari Kerja Resah

0

Masyarakat pencari kerja resah, karena ijazah bagi lulusan SMA/SMK Tahun Pelajaran 2016/2017 belum keluar yang merupakan salah satu persyaratan untuk mencari pekerjaan. Pasalnya di beberapa perusahaan/instansi mulai merekrut karyawan atau pekerja.

Hal itu diungkapkan pemerhati pendidikan Pematangsiantar, Drs HM Natsir Armaya Siregar baru-baru ini.

Selain masyarakat pencari kerja resah, mahasiswa juga turut resah dan merasa keberatan dalam pengambilan ijazah, karena setelah kelulusan (tamat) mereka menerima SKHUN untuk menjadi modal mendaftar ke perguruan tinggi atau kuliah. Setelah kuliah dan ijazah keluar mereka harus kembali lagi untuk mengambilnya sehingga mengeluarkan biaya dan mengganggu waktu mereka dalam perkuliahan. ‘Karena dalam pengambilan ijazahnya nanti harus mereka sendiri dan tidak bisa diwakilkan.

Untuk itu kita berharap ke depan jangan ada lagi keterlambatan ijazah hingga berbulan-bulan dan kalau bisa setelah diumumkan kelulusan ijazah sudah bisa langsung diterbitkan atau dikeluarkan untuk menjadi pegangan para lulusan dalam mencari pekerjaan maupun melanjutkan ke perguruan tinggi. Bagi yang mau melamar kerja jadi terkendala akibat ijazah belum keluar. Dan juga setiap sekolah harus mengetahui berapa jumlah atau presentase lulusannya yang melanjutkan ke perguruan tinggi maupun melamar pekerjaan.

Natsir menambahkan ia belum tahu faktor keterlambatan penerbitan ijazah, namun kejadian seperti ini sudah terus menerus.

SHARE