Home Informasi Setiap saat Polda Sumut Umumkan Sidang Akhir Kelulusan Bintara Polri TA 2017

Polda Sumut Umumkan Sidang Akhir Kelulusan Bintara Polri TA 2017

0

humas.polri.go.id- Kepolisian Daerah Sumatera Utara melaksanakan pengumuman penetapan kelulusan seleksi penerimaan Bintara Polri T.A 2017 di Aula Tribrata Markas Polda Sumut pada hari Sabtu (5/8/2017).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Agus Andrianto mewakili Kapolda Sumut dan dihadiri oleh pejabat utama Polda Sumut.
Turut dihadiri pula oleh panitia seleksi penerimaan dan para pengawas internal maupun eksternal serta para peserta seleksi dan orang tua/wali peserta seleksi. Animo peminat awal peserta seleksi sendiri sebanyak 5680 orang saat pertama sekali melakukan pendaftaran yang saat ini tersisa 503 orang calon siswa (casis) Polisi Tugas Umum dengan rincian calon siswa (casis) Pria 490 orang, wanita 12 orang ditambah 1 orang pria seleksi Taruna Akpol 2017 yang kalah di Pantukhir. Sementara untuk calon siswa Bintara Teknologi Informasi (TI) bersisa 12 orang dengan rincian 9 pria dan 3 wanita. Untuk Bintara Musik tidak ada yang tersisa karena saat proses seleksi, seluruh peserta seleksi Bintara Musik telah gugur sebelum mencapai tahap penetapan kelulusan (pantukhir) Bintara.

Saat membacakan penetapan hasil kelulusan, Wakapolda Sumut menyampaikannya didepan ratusan para calon siswa Bintara termasuk para orang tua atau wali calon siswa yang menyaksikan dari layar TV LED yang disediakan didepan Aula Tribrata. Adapun hasilnya casis yang terpilih menjadi Bintara Polisi Tugas Umum sesuai dengan kuota pendidikan sebanyak 412 orang dengan rincian casis Polisi Pria 400 orang (1 orang casis ex calon Taruna Akpol) dan casis Polisi Wanita lulus semuanya sebanyak 12 orang. Sisanya sebanyak 91 orang tidak terpilih untuk menjadi Polisi Tugas Umum. Untuk Bintara TI yang terpilih sebanyak 7 orang dengan rincian 6 casis Pria dan 1 casis Wanita. Sementara 5 orang lainnya tidak terpilih menjadi Polisi Bintara TI.
Kapolda Sumut dalam sambutan yang diwakili oleh Wakapolda Sumut menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta seleksi yang telah mengikuti seluruh tahapan seleksi dengan baik sesuai dengan pentahapan seleksi yang telah ditetapkan. Wakapolda Sumut juga mengucapkan terimakasih kepada para orang tua peserta seleksi dan Panitia Pelaksana serta pengawas Eskternal dan Internal yang turut mensukseskan proses seleksi penerimaan Bintara Polri 2017 ini hingga berjalan dengan baik hingga penetapan kelulusan.
“Kepada para calon Bintara yang lulus agar mengikuti proses pendidikan dengan sungguh karena Polri tidak membutuhkan kita, tetapi kita yang membutuhkan Polri. Sementara kepada peserta yang tidak lulus agar tidak kecewa dan tetap semangat. Jadikan motivasi untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi, kalau ada kesempatan lagi silahkan ikuti seleksi berikutnya,” ujar Brigjen Agus.
Wakapolda sendiri menekankan pelaksanaan seleksi penerimaan Bintara tersebut dilaksanakan dengan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis) yang menggunakan aplikasi IT yaitu “BETAH” berbasis android.
‘Aplikasi berbasis android terkait penerimaan Polri yang diadakan Polda Sumut ini merupakan yang pertama di Indonesia dan memiliki fitur fitur yang dapat diakses secara online dan terintegrasi keseluruh Polres Jajaran Polda Sumut dengan tujuan untuk menjamin transparansi dan objektifitas pelaksanaan seleksi,” kata Wakapolda Sumut.

elanjutnya para calon Bintara yang lulus akan mengikuti pendidikan yang akan dibuka secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 9 Agustus 2017 nanti dan pemberangkatan pada tanggal 7 Agustus 2017.
“Untuk bintara umum pendidikan dilaksanakan di SPN Sampali Polda Sumut, untuk Bintara TI di SPN Cisarua Polda Jabar, dan untuk Polwan di Sekolah Polwan Ciputat. Agar masing masing peserta yang lulus mempersiapkan diri untuk mengikuti pendidikan dengan baik,” ujar Brigjen Agus.(ad)

SHARE