Home Informasi Setiap saat Gudang CPO Ilegal Didemo

Gudang CPO Ilegal Didemo

0

Puluhan warga dan massa FPI Tebingtinggi saat menggelar demo di depan gudang CPO diduga ilegal di Dusun XV Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban, Senin (11/9) sore.
Puluhan warga Dusun XV, Desa Suka Damai, Kecamatan Sei Bam-ban,Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan sejumlah massa Front Pembela Islam (FPI) Tebingtinggi menggelar aksi demo aktivitas gudang Crude Palm Oil (CPO) diduga ilegal yang beraktivitas di dusun tersebut, Senin (11/9).

Dalam orasinya anggota FPI menyampaikan mereka meminta gudang CPO ilegal tersebut segera ditutup. Jika tidak ditutup dalam tiga hari terakhir warga dan anggota FPI mengancam akan menutup paksa gudang ilegal ini. Bahkan Koordinator Aksi meminta aparat agar tidak turut membekingi usaha ilegal yang jelas-jelas melanggar hukum.
Aktivitas gudang CPO ilegal ini cukup meresahkan warga sekitar, terlebih lokasi gudang tersebut hampir bersebelahan dengan masjid,sehingga aktivitas gudang tersebut mengganggu aktivitas di masjid yang tengah dalam tahap pembangunan, sebut Saefi Hamdani warga sekitar.

Kecuali itu,puluhan warga sempat melakukan aksi penyegelan gudang CPO ilegal tersebut.Untuk mengan¬tisipasi terjadinya hal yang tidak diingini, tampak di sekitar lokasi gudang, Kapolsek Firdaus AKP Enda Iwan Iskandar Tarigan, Waka Polsek Iptu R Gultom serta beberapa personel Polsek Firdaus dan Kades Suka Damai Karnain yang mengamakan situasi.

Sebelumnya puluhan massa yang didominasi kaum ibu dan juga massa dari FPI Tebingtinggi berkumpul di kantor Camat Sei Bamban dan sempat menyampaikan aspirasi di depan kantor Camat Sei Bamban, setelah itu dilakukan mediasi antara pihak warga dengan perwakilan pengusaha gudang CPO.

Mediasi dipimpin Sekcam Sei Bamban Adi Ma’arif dihadiri Waka Polsek Firdaus Iptu R Gultom, mewakili Danramil Sei Rampah, Kepala Desa Suka Damai Karnain. Di awal pertemuan Kades menyampaikan selisih paham antara warga dan pekerja pihak pengusaha telah diselesaikan dengan perdamaian di kantor desa.

Kemudian masalah berikutnya terkait legalitas aktivitas gudang CPO diduga ilegal, selanjutnya pihak pengusaha menunjukkan akta notaris pendirian koperasi yang selanjutnya dibacakan, kemudian juru bicara Sekcam Adi Ma’arif meminta masya¬rakat menjaga situasi kondusif dan tidak bertindak anarkis.

Sementara terkait legalitas gudang, pihak Muspika Sei Bamban akan berkoordinasi dengan Pemkab Sergai dalam hal ini Dinas Perizinan Terpadu selaku pihak yang berwenang mengeluarkan izin , jika nanti terbukti pihak perizinan menyatakan, gudang tersebut tidak ada izin, maka pihak perusahaan segera menutup usahanya, begitu juga sebaliknya jika seandainya dinyatakan ada izin usaha gudang tersebut maka masyarakat juga harus mematuhinya.

Mendengar hal tersebut salah seorang warga H Abdul Halim meminta pihak Kecamatan Sei Bamban segera menutup gudang CPO ilegal yang jelas jelas melanggar peraturan, setelah itu massa membubarkan diri menuju lokasi gudang CPO ilegal. Warga lainnya berkilah, jika memang usaha itu legal, harusnya pihak pemerintahan kecamatan, dan desa sudah mengetahui sejak awal.

SHARE