Home Informasi Setiap saat AIR DARI TUK DRAJAT JADI PILIHAN UNTUK MEMBANGUN MONUMEN TANAH AIR

AIR DARI TUK DRAJAT JADI PILIHAN UNTUK MEMBANGUN MONUMEN TANAH AIR

0

 Rangkaian peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) XXXIV tahun 2017 yang akan berpusat di Kota Magelang, menjadikan nuansa baru memoles wajah kota sejuta bunga semakin indah.

Merapikan berbagai sudut pandang serta kebersihan kota menjadi sebuah agenda untuk menghormati para tamu yang akan mengikuti puncak peringatan yang akan di hadiri Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 09 September mendatang.

Dalam peringatan Haornas nantinya juga akan di buat Monumen Tanah Air yang berbahan air dan tanah dari seluruh penjuru Nusantara.

Rabu (06/09/2017), prosesi pengambilan air di Tuk Drajat, sebuah mata air (tuk/sendang) di RT 07 RW 01 Kampung Tulung Kelurahan Magelang Kecamatan Magelang Tengah menjadi sebuah pilihan pernik rangkaian ritual budaya jawa yang di lakukan pukul 07.00 wib pagi ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan Haornas di Kota Magelang.

Di pilihnya air dari tuk drajat karena sumber air dipinggir Kaliprogo  tersebut di yakini mempunyai kasiat dengan ramainya sendang tersebut di kunjungi orang yang ingin ngalap berkah, dan nantinya air dari tuk atau sendang tersebut akan di jadikan sebagai salah satu air yang akan di gunakan untuk membangun Monumen Tanah Air dalam puncak peringatan Haornas.

Prosesi pengambilan air di tuk drajat di lakukan Bapak Dedi perwakilan dari Pemkot Magelang yang di dampingi oleh Bapak Lukito. Sebelum pengambilan, prosesi di dahului dengan meminta izin terlebih dahulu kepada juru kunci sendang.

Usai pengambilan air prosesi di tutup dengan pembacaan doa dan air suci dari tuk drajat kemudian di bawa  menuju Gunung Tidar untuk disatukan dengan tanah dari puncak Gunung Tidar yang nantinya akan di jadikan satu dengan air dan tanah dari seluruh penjuru nusantara.

Pengamanan prosesi yang di pimpin Kapolsek Magelang Tengah Jawa Tengah AKP R Sukendro SE berjalan aman hingga air dari tuk drajat di bawa  ke puncak Gunung Tidar.

SHARE