Home Informasi Serta Merta Api Menghanguskan Lebih Kurang Tiga Hektar Lahan Gambut Kering Yang Berada Di...

Api Menghanguskan Lebih Kurang Tiga Hektar Lahan Gambut Kering Yang Berada Di Kawasan Desa Sungai Rambutan

0
Api Menghanguskan Lebih Kurang Tiga Hektar Lahan Gambut Kering Yang Berada Di Kawasan Desa Sungai Rambutan

Polda Sumsel – Kebakaran lahan gambut di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan, kembali terjadi. Kali ini, api menghanguskan lebih kurang tiga hektar lahan gambut kering yang berada di kawasan Desa Sungai Rambutan Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten OI, tak jauh dari lokasi pabrik pengelola minyak Crude Palm Oil (CPO) milik PT. Golden Oilindo Nusantara (GON), pada Sabtu malam (29-2017) sekira pukul 19.00 wib.

 

Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya lebih kurang tiga hektar lahan gambut kering itu. Namun, api diduga berasal dari sisa-sisa lahan yang terbakar dan terbawa oleh tiupan angin.

 

Beruntung, Satgas gabungan terdiri dari unsur Manggala Agni, BPBD OI, TNI dan Polri berjibaku melakukan pemadaman api. Barulah, lebih kurang satu jam kemudian, saat petugas tiba di lokasi kebakaran lahan, api pun bisa dipadamkan dengan mengerahkan peralatan mesin pompa air.

 

Paginya, pada Minggu siang (3-9-2017), api kembali menghanguskan lahan yang berada tak begitu jauh dari lokasi sisa kebakaran yang terjadi pada Sabtu malam (2-9-2017). Menurut Bripka Hans Brillian salah satu personil Babinkamtibmas Polsek Inderalaya yang siaga di lokasi kebakaran lahan menerangkan, kebakaran lahan terjadi pada Minggu (3-9-2017), tidak begitu parah bila dibandingkan dengan yang terjadi di Sabtu malam (2-9-2017).

 

Petugas yang semula siaga di posko Km 21, langsung bergerak menuju lokasi untuk melakukan pemadaman api,” terang Bripka Hans Brillian, pada Minggu (3-9-2017). Ia tak begitu mengetahui pasti faktor penyebab kebakaran lahan itu, apakah sengaja dibakar.

 

Akan tetapi, menurutnya, kebakaran ditimbulkan dari sisa api yang membakar lahan dan terbawa oleh tiupan angin. Sementara itu, menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OI Syakroni saat dikonfirmasi membenarkan telah terjadinya kebakaran yang menghanguskan lebih kurang tiga hektar lahan gambut yang ada di kawasan Desa Sungai Rambutan Kecamatan Inderalaya Utara Kabupaten OI.

 

Ia tak memungkiri bila suatu saat kedepan selama musim kemarau, kebakaran lahan akan kembali terjadi. Untuk itu, berdasarkan informasi yang ia terima dari pihak BMKG Sumsel yang memprediksi musim kemarau berakhir pada bulan Oktober mendatang.

 

Disamping itu, kita selalu siaga darurat penanggulangan bencana kebakaran lahan dengan melibatkan Satgas Gabungan terdiri dari unsur Manggala Agni, TNI-Polri dan relawan. Siaga darurat diperpanjang sampai dengan bulan November mendatang, semula sampai dengan Oktober. Kini, kita perjanjang sampai November, kata Kepala BPBD OI.

SHARE