Home Informasi Setiap saat BNNP Sumut Ringkus 5 Pengedar 12 Kg Sabu, Seorang Ditembak Mati

BNNP Sumut Ringkus 5 Pengedar 12 Kg Sabu, Seorang Ditembak Mati

0

Petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNP Sumut) meringkus lima tersangka pengedar sabu jaringan Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel)-Binjai, seorang di antaranya ditembak mati, Selasa (12/9) malam.

Dari tangan para tersangka turut disita barang-bukti 12 Kg sabu dan satu mobil yang digunakan tersangka.

Informasi yang dihimpun SIB di lapangan, belum lama ini petugas BNNP Sumut mendapat informasi dari masyarakat yang menyebutkan adanya pengedar Narkoba asal Palembang, Sumsel akan mengantar sabu ke Binjai. Atas informasi itu Plt Kabid Pemberantasan Narkoba Kompol Sanggam Nainggolan SH bersama anggotanya, Selasa (12/9) sore melakukan penyelidikan serta pengintaian di kawasan Jalan Binjai Km 16 Sunggal, Deliserdang.

Tak lama mobil Toyota warna putih yang dicurigai melintas, sehingga petugas menghentikan mobil tersebut. Selanjutnya petugas meminta penumpang di dalam mobil turun.

Tak lama MI (37) warga Jalan PS Ingkenayan Lorong Sepakat Karang Ayer Kota Palembang dan MA (21) warga Jalan Puncak Sekuning Kota Palembang menyerahkan diri. Tiba-tiba A (26) warga Macam Kumbang Dead Demang Benar Daun Kecamatan Ilir Barati Sumsel yang keluar belakangan dari mobil berupaya melawan petugas serta mencoba kabur.

Petugas BNN langsung meletuskan tembakan peringatan ke udara beberapa kali, namun A tak mengindahkannya. Petugas terpaksa menembak tersangka hingga tewas. Petugas melakukan penggeledahan di dalam mobil dan menemukan sembilan bungkus kemasan teh China berisi sabu seberat 9 Kg. Selanjutnya jenazah tersangka dievakuasi ke RS Bhayangkara Medan guna penyelidikan selanjutnya.

Dari hasil interogasi terhadap tersangka MI dan MA, di hari yang sama petugas BNN melakukan pengembangan terhadap jaringan pengedar Binjai. Petugas menuju satu rumah Jalan Kedondong Bandar Sinembah Binjai Barat dan meringkus BWA (30) warga Desa Gunung Tinggi Kecamatan Sei Rapit. Dari rumah tersangka, petugas menyita sejumlah barang-bukti di antaranya timbangan elektrik dan plastik klip tempat sabu.

Tak sampai di situ, petugas melakukan pengembangan ke lokasi penjualan pakaian dan perlengkapan tas milik MSS (39) di kawasan Lingkungan II Amal Kelurahan Bela Rakyat Kecamatan Kuala Langkat. Namun TO tersebut tidak ada. Petugas menemukan 3 Kg sabu di dalam kemasan teh China. Tak lama petugas meringkus MSS di kawasan Langkat. Tersangka dan barang bukti diboyong ke Markas BNNP Sumut guna pemeriksaan intensif.

Kabid Pemberantasan Narkoba AKBP Agus Halimuddin, Rabu (13/9) menjelaskan, penangkapan tersangka tidak akan berhenti di situ saja dan kasusnya masih dalam pengembangan guna meringkus jaringan lain.

Dari pengakuan para tersangka jaringan asal Palembang itu, mereka sudah tiga kali mengedarkan Narkoba jenis sabu ke jaringan Kota Binjai. Setiap mengedarkan, tersangka membawa 10 Kg sabu. Kita masih mengembangkan kasus tersebut untuk meringkus jaringan lainnya.

3 Kg Sabu Diamankan
Sementara itu, Satuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Tanjungbalai menembak mati seorang pria diduga bandar narkoba dan mengamankan 3 Kg sabu di depan Tresya Hotel Km 7 Jalan Sudirman, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai.

Penangkapan tersangka berlangsung cukup lama. Petugas Sat Narkoba Polres Tanjungbalai sejak sebulan terakhir telah mengikuti tersangka dari Tanjungbalai menuju Dumai, Riau. Setelah tersangka mengambil sabu selanjutnya bergerak pulang ke Tanjungbalai.

Sekira pukul 20.00 wib di depan terminal terpadu Km 7 Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai tersangka turun dari bus. Saat itu petugas berusaha meringkusnya namun tersangka melawan dan berupaya merampas senjata api milik petugas. Lantas petugas lain menindak tegas dengan menembak tersangka di bagian kepala belakang tertembus peluru milik petugas.

Tersangka yang diketahui berinisial JS (21) warga Jalan Cicak Rowo Lk VII Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai diduga tewas saat dalam perjalanan. Kini jasadnya telah disemayamkan di kamar mayat RSU Tengku Mansyur Tanjungbalai.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Tri Setyadi Artono , membenarkan pihaknya menembak mati seorang tersangka bandar narkoba dan menyita 3 Kg sabu asal Dumai, Riau. Saya selaku Kapolres komit untuk memberantas narkoba di Tanjungbalai. Karena narkoba musuh bersama dan nyata merusak moral anak bangsa, tegas Tri Setyadi Arton

SHARE