Home Informasi Serta Merta Kapolda Sumsel Untuk Tersangka Pungli Yang Tertangkap, Jika Cukup Barang Buktinya Terus...

Kapolda Sumsel Untuk Tersangka Pungli Yang Tertangkap, Jika Cukup Barang Buktinya Terus Kita Proses Sampai Berkasnya P21

0
Kapolda Sumsel Untuk Tersangka Pungli Yang Tertertangkap, Jika Cukup Barang Buktinya Terus Kita Proses Sampai Berkasnya P21

Polda Sumsel – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Insepktur  Jenderal Pol Zulkarnain Adinegara mengawal kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) Pungli (pungutan liar) yang ditangani Polda Sumsel sampai berkas perkara lengkap (P21) dan para tersangkanya menjalani proses persidangan di pengadilan.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Sumsel saat disingung terkait penanganan kasus OTT dugaan kasus Pungli sertifikasi guru di Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, kemarin. Menurut kapolda Sumsel, para tersangka yang tertangkap dalam kasus OTT tersebut saat ini masih terus dalam porses hingga berkas perkara nantinya dinyatakan oleh jaksa lengkap (P21).

Untuk tersangka Pungli yang tertertangkap, jika cukup barang buktinya terus kita proses sampai berkasnya P21 dan tersangkanya disidangkan di pengadilan, ungkap Kapolda Sumsel.

Dijelaskan Kapolda Sumsel, pemberantasan Pungli harus dilakukan apalagi Presiden telah mengeluarkan peraturan Satgas Saber (Sapu bersih) Pungli Nomor 87 Tahun 2016. Bahkan untuk penindakan, belum lama ini pihak dari Polhukam juga telah melakukan penyuluhan serta evaluasi terkait penanganan kasus Pungli di kabupaten dan kota di Sumsel.

Lanjut Kapolda Sumsel, dengan adanya peraturan Presiden tentang Satgas Saber Pungli tersebut diharapkan para pegawai pemerintah dan pegawai Negara tidak melakukan Pungli kepada masyarakat.

Hal ini bertujuan supaya aparatur pemerintah dan negara tidak membuat susah masyarakat. Sehingga para aparatur dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat tanpa ada Pungli maupun menaikan tarif yang tidak sesuai dengan aturan hingga menjadi beban bagi masyarakat saat mengurus surat-menyurat, dokumen di kantor-kantor pemerintahan, tandas Kapolda Sumsel.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel, Kombes Pol Rudi Setiawan menegaskan, pihaknya saat ini telah melimpahkan berkas perkara empat tersangka kasus OTT dugaan Pungli sertifikasi guru di Disdik Sumsel ke Kejati Sumsel.

SHARE