Home POLDA JAWA TIMUR Kapolrestabes Surabaya Hadiri Refleksi Peristiwa Perobekan Bendera di Hotel Yamato

Kapolrestabes Surabaya Hadiri Refleksi Peristiwa Perobekan Bendera di Hotel Yamato

0

Polrestabes Surabaya 14/09/2017 : Hotel Yamato adalah sebuah hotel mewah bersejarah di Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Dahulunya bernama LMS, lalu Hotel Oranje dan kemudian Hotel Yamato dan juga Hotel Hoteru. Sebagian besar bangunan asli hotel ini masih dapat dilihat hingga saat ini, meskipun beberapa bangunan luar dan beberapa unsur interiornya telah direnovasi.

Salah satu momen perjuangan di hotel ini terjadi pada 19 September 1945, yakni Insiden Bendera. Peristiwa bermula ketika sekelompok orang Belanda yang dipimpin oleh Mr. Pluegman mengibarkan bendera Merah Putih Biru di puncak sebelah kanan hotel. Para pejuang Indonesia khususnya arek-arek Suroboyo melakukan perlawanan dengan bertindak melawan para sekutu belanda dan diakhiri dengan perobekan warna biru pada bendera Belanda, yang berwarna merah, putih dan biru, dengan demikian bendera itu menjadi merah putih yaitu bendera Republik Indonesia. Insiden perobekan bendera belanda itu juga mengakibatkan terbunuhnya Mr. Pluegman.

Acara kilas balik di Hotel Yamato, yang saat ini sudah berubah menjadi Hotel Majapahit ini dihadiri para veteran, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini serta Kapolrestabes Kombes Pol M Iqbal. Mereka mengenakan pakaian ala pejuang yang membuat terciptanya suasana pada kejadian saat dulu.

Sebelum dilaksanakan teaterikal kilas balik perobekan bendera Belanda, terlebih dulu dilaksanakan upacara bendera yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu perjuangan.

Semua berharap acara ini bisa membangkitkan semangat seluruh pemuda di Indonesia untuk selalu menjaga keutuhan negara Indonesia agar tidak terjajah kemabali oleh bangsa lain.

Acara berjalan dengan sukses dan lancar, serta para peserta dan undangan yang hadir tampak khidmat mengikuti serangkaian kilas balik yang diperankan para pemain teaterikal perobekan bendera Belanda.

Post By: Agunk Day

SHARE