Home Informasi Serta Merta Karena Sengaja Membakar Rumput Kering Hingga Membakar Lahan Penjaga Kebun Sawit Di...

Karena Sengaja Membakar Rumput Kering Hingga Membakar Lahan Penjaga Kebun Sawit Di Tangkap Polisi

0
Karena Sengaja Membakar Rumput Kering Hingga Membakar Lahan Penjaga Kebun Sawit Di Tangkap Polisi

Polda Sumsel – Apes sekali nasib yang dialami oleh tersangka inisial HE Alias DI (35), penjaga kebun sawit ini. Ia terpaksa mendekam di jerui besi, karena sengaja membakar rumput kering hingga membakar lahan, di kebun Sawit milik PU, di Desa Kayu Ara Batu, Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan, pada Senin (18-9-2017) sekira pukul 17.30 wib.

 

Berdasarkan informasi di lapangan, pada Selasa (19-9-2017), kejadian tersebut bermula ketika sekira pukul 12.00, petugas mendapat laporan telah terjadi kebakaran lahan dan kebun di Desa Kayua Ara Batu.

 

Kemudian petugas Polsek Gelumbang dibawah pimpinan Kanit Reskrim, Ipda Hamdani SH, langsung mendatangi lokasi kejadian dan setelah sampai ternyata benar telah terjadi kebakaran lahan dan kebun Sawit milik PU seluas sekitar dua hektar.

 

Melihat hal tersebut Tim Karhutla dari Polsek Gelumbang dan masyarakat beramai-ramai memadamkan api dengan alat pompa air dan selang hingga api bisa dipadamkan.

 

Menurut tersangka HE, bahwa awalnya ia membakar lahan tersebut adalah untuk membersihkan rumput kering yang sudah mati setelah disemprot racun rumput. Namun ia tidak menyangka api membesar dan akhirnya membakar lahan atau kebun kelapa sawit seluas dua hektar.

 

Saya tidak sengaja pak, saya hanya nunggu kebun milik Pak PU, ujar tersangka HE yang bekerja sebagai buruh selama lima tahun ini di kebun milik PU.

 

Sementara Kapolres Muaraenim, AKBP Leo Andi Gunawan didampingi oleh Kasubag Humas, AKP Arsyad Agus, saat ini, tersangka sudah diamankan bersama barang bukti satu buah korek api yang digunakan untuk membakar dan beberapa potongan kayu yang sudah terbakar, guna pemeriksaan lebih lanjut. Atas perbuatanya dikenakan pasal 108 dan 69 ayat 1 UU No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

SHARE