Home POLDA SUMATERA SELATAN Kebakaran Yang Melanda Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Masih Terus Terjadi Hingga...

Kebakaran Yang Melanda Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Masih Terus Terjadi Hingga Sekarang, Bahkan, Kepulan Asap Terlihat Jelas

0
Kebakaran Yang Melanda Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Masih Terus Terjadi Hingga Sekarang, Bahkan, Kepulan Asap Terlihat Jelas

Polda Sumsel – Kebakaran yang melanda Desa Sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, masih terus terjadi hingga sekarang.

 

Bahkan, kepulan asap terlihat jelas dari kantor Pertamina Gas, kilometer 23 Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Palembang Indralaya.

 

Untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, pihak Pertamina telah menyiapkan langkah antisipasi. Meski belum pernah ada kebakaran di area sini, kami sudah siapkan mesin penyemprot air untuk membasahi lahan di sekitar pabrik agar tidak dilalap api, kata Yabani, seorang petugas keamanan saat dimintai keterangan, pada Kamis (14-9-2017).

 

Sementara Direktur Utama (Dirut) Pertamina wilayah OI, Didi Kusnidar, sedang tidak ada di tempat dan tidak bisa dimintai keterangan terkait ancaman kebakaran ini.

 

Sementara di lapangan, tidak jauh Stasiun Desa Rambutan, tim satgas karhutla terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OI dan Manggala Agni terus berjibaku memadamkan api.

 

Bahkan Kepala BPBD OI, Ahmad Syakroni berada di lokasi, memantau langsung proses pemadaman api. Dirinya memperkirakan, terdapat puluhan hektar lahan uang terbakar dari sejumlah titik api selain di desa Rambutan, juga di desa Soak Batok dan Pulau Semambu, semuanya di kecamatan Indralaya Utara.

 

Selain pemadaman dari darat, ada bantuan helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan upaya water bombing, katanya.

 

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang semakin meluas di area dekat Jalinsum tersebut. Menurut sejumlah petugas, api diduga karena lahan kering yang diterpa cuaca panas dan terpaan angin yang kencang.

 

Dibakar sengaja atau tidak, kita tidak tahu. Yang jelas, cuaca saat ini sangat panas dan kobaran api dengan cepat meluas ke sejumlah titik lahan dan perkebunan, ujar seorang tim satgas dari TNI yang tidak ingin disebutkan namanya.

SHARE