Home Informasi Berkala Lima Orang Warga Diduga Pelaku Pencurian Barang-Barang Milik Milik Perusahaan Tambang Emas,...

Lima Orang Warga Diduga Pelaku Pencurian Barang-Barang Milik Milik Perusahaan Tambang Emas, Lima Warga Ditangkap polisi

0

 

Lima Orang Warga Diduga Pelaku Pencurian Barang-Barang Milik Milik Perusahaan Tambang Emas, Lima Warga Ditangkap polisi

Polda Sumsel – Lima orang warga diduga pelaku pencurian barang-barang milik PT. DNS, perusahaan pertambangan emas yang beroperasi di wilayah Desa Suka Menang Kecamatan Karangjaya Kabupaten Muratara, Sumatera Selatan, ditangkap polisi. Mereka yaitu UR (20), DE (20), HA (23) dan YK (26).

 

Keempatnya warga Desa Suka Menang dan DI (35) warga Desa Tanjung Agung Kecamatan Karangjaya. Lima orang tersangka ini ditangkap dengan dua laporan polisi yang berbeda. UR, DE dan DI.

 

Berdasarkan laporan polisi pada Kamis (24-8-2017). Sedangkan HA dan YK, ditangkap berdasarkan laporan polisi pada Sabtu (9-9-2017). Mereka dilaporkan mencuri kabel power milik PT DNS.

 

Kapolres Musirawas, AKBP Pambudi melalui Kapolsek Karang Jaya, AKP Hermawansyah mengatakan, yang pertama ditangkap adalah tersangka UR, pada Rabu (13-9-2017) sekira pukul 18.00 wib petang. Anggota Reskrim Polsek Karangjaya mendapat informasi tersangka UR berada di rumahnya.

 

Setelah diselidiki, anggota langsung mengamankan tersangka UR di rumahnya tanpa perlawanan, ujarnya, pada Jumat (15-9-2017). Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari tersangka UR, bahwa dia melakukan pencurian bersama dengan HA. Berbekal informasi tersebut, anggota langsung melakukan pengembangan dan beberapa jam kemudian atau pada tengah malam sekira pukul 00.00 wib, anggota berhasil mengamankan tersangka HA tanpa perlawanan.

 

Dilanjutkan, dari hasil keterangan kedua tersangka, Polsek Karangjaya juga melakukan penangkapan terhadap YK, DE, dan DI. Dalam penangkapan ini, anggota berhasil menyita handy talkie (HTA) milik PT. DNS.

 

Sedangkan kabel yang dicuri masih dilakukan pencarian. Dijelaskan, modus yang dilakukan para tersangka dalam melakukan pencurian kabel milik PT. DNS dengan cara memotong dan menarik kabel tembaga sepanjang puluhan meter.

 

Selanjutnya kabel yang sudah dipotong tersebut dibawa secara bersama-sama. Para pelaku saat ini sudah kami tetapkan sebagai tersangka dengan dikenakan pasal 363 KUHPidana, dengan ancaman maksimal penjara tujuh tahun, ujarnya.

 

Kapolres Musirawas, AKBP Pambudi menambahkan pihak polres bersama tiga pilar kamtibmas Muratara yaitu Bupati Muratara dan Dandim 0406 Mura akan senantiasa bersinergi memberikan dukungan dalam mewujudkan keamanan guna percepatan pembangunan dan investasi di Kabupaten Muratara.

 

Untuk itu kami mohon dukungan warga untuk tidak melakukan ataupun menutupi dan membela para pelaku kejahatan. Sehingga harapannya Kabupaten Muratara dapat berkembang dengan pesat dan mensejahterakan masyarakatnya, ujar AKBP Pambudi.

SHARE