Home Informasi Setiap saat Pedagang Minta Hentikan Eksekusi dan Beri Izin Pendirian Pasar SRO di Pangururan

Pedagang Minta Hentikan Eksekusi dan Beri Izin Pendirian Pasar SRO di Pangururan

0

Pedagang SRO menyampaikan permintaan dan harapan untuk izin pendirian pasar SRO dan pemberhentian eksekusi kepada anggota DPRD Samosir dan Pemkab Samosir di ruang rapat komisi II DPRD Samosir Desa Siopat Sosor Parbaba, Kecamatan Pangururan, Selasa (19/9).
Puluhan pedagang onan manogot-nogot Siraja Oloan (SRO) menggelar demo disertai pembentangan spanduk di kantor DPRD Samosir menuntut dan meminta agar Pemkab Samosir memberikan izin pendirian onan (pasar) Siraja Oloan (SRO), serta meminta agar eksekusi pasar SRO di Kecamatan Pangururan diberhentikan.

Kami para pedagang meminta kepada Bupati Samosir agar memberikan izin pendirian pasar dan memberhentikan tindakan intimidasi untuk mengeksekusi pasar SRO. Sesuai surat yang telah diterima para pedagang dari Pemkab Samosir beberapa waktu yang lalu, kata Kordinator Aksi Hamonangan Simbolon di halaman kantor DPRD Samosir, Selasa (19/9).

Ia menambahkan, mengapa harus ada eksekusi, padahal masih banyak program yang masih kaku di Kabupaten Samosir. Dan sesuai program Presiden RI Jokowi Widodo bahwa satu desa harus memiliki satu pasar, ucapnya.

Salah seorang perwakilan pedagang pasar SRO br Naibaho berharap adanya pembinaan dari Pemkab Samosir terhadap pendirian onan tersebut.Kami para pedagang yang berjualan di pasar SRO bukan untuk mencari kaya melainkan hanya mencari nafkah. Kiranya hal ini menjadi masukan buat bapak dan ibu DPRD Samosir.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPRD Samosir Rismawaty Simarmata didampingi Wakil Ketua Jonner Simbolon, Nurmerita Sitorus dan Ketua Komisi II Nasib Simbolon mengharapkan agar pedagang SRO membuat permohonan formal kepada Pemkab Samosir untuk izin pendirian pasar tersebut. Mengenai pemberhentian eksekusi bukan wewenang kita. Namun adanya intimidasi serta pengawalan maupun penjagaan dari personil Polres Samosir dan TNI, sekarang tidak ada lagi.

Ketua DPRD Samosir menambahkan, untuk itu kepada para pedagang agar tetap bersabar, menunggu adanya hasil kesepakatan bersama dengan Pemkab Samosir.

Ditempat yang sama, Asisten 1 Pemerintahan Mangihut Sinaga menggaransi tidak akan ada eksekusi menungggu adanya pertemuan antara DPRD, pemilik lahan, pedagang dan Pemkab Samosir untuk mencari solusinya.

SHARE