Home Informasi Serta Merta Penandatanganan MoU Kapolda Sumsel Dengan Bupati – Walikota Dalam Rangka Program Penerima...

Penandatanganan MoU Kapolda Sumsel Dengan Bupati – Walikota Dalam Rangka Program Penerima Anggota Polri Tahun 2018

0
Penandatanganan MoU Kapolda Sumsel Dengan Bupati – Walikota Dalam Rangka Program Penerima Anggota Polri Tahun 2018

Polda Sumsel – Bertempat Di gedung Catur Cakti Polda Sumsel, pada Selasa (26-9-2017) sekira pukul 09.00 wib. Acara Dibuka oleh Kapolda Sumsel di hadiri oleh Gubernur Sumsel Ir. H. Alex Noerdin, Wakapolda Sumsel, Irwasda Sumsel, Pejabat Utama Polda Sumsel, para Walikota dan Bupati Jajaran Provinsi Sumatera Selatan.

Kapolresta Palembang beserta Para Kasatwil jajaran Polda Sumsel. Kapolda Sumsel dalam kata Sambutan, di dalam Undang-undang Republik Indonesia No 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia pasal 13 menyebutkan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia berperan dalam sebagai pemelihara keamanan dalam negeri, penegak huku dan sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat dalam rangka menjalankan dan mengimplementasikan peran serta tugas fungsi polri tersebut, dibutuhkan sumber daya manusia polri yang professional, unggul dan berkualitas oleh karena itu guna mewujudkanhal tersebut diperlukan strategi dan mekanisme yang baik dalam merekrut calon anggota Polri, sehingga mampu dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian di lapangan.

Dalam Rangka penerimaan calon anggota Polri tentu saja kegiatan seleksi tersebut dilaksanakan melalui perencanaan yang matang, guna untuk memenuhi jumlah ideal kebutuhan anggota Polri sebagaimana kebutuhan sesuai rasio antara polri dan masyarakat.

Salah satu terobosan kreatif yang akan dilaksanakan polri guna membangun sumber daya manusia polri yang unggul dan kompetitif yaitu perlunya dilaksanakan program pembinaan dan pelatihan bagi calon anggota polri yang berasal dari Kabupaten dan kotamadya, sehingga pada saatnya nanti putra-puti daerah siap bersaing secara sehat dalam kompetisi penerimaan anggota Polri tahun 2018.

Guna mewujudkan tujuna program ini diperlukan dukungan dan kerjasama dari pemerintah daerah baik pemerintah Kabupaten maupun tingkat Kotamadya. Oleh karena itu saya selaku Kapolda Sumsel menyambut baik program ini, mengingat bahwa polri khususnya Polda Sumselsangat minim anggaran dalam melakukan program pembinaan dan pelatihan, oleh karena karena itu demi suksesnya program kali ini kami sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi daerah mendukung program kegiatan ini, yang pada akhirnya dapat menjaring calon-calon anggota Polri yang memiliki kualitas terbaik, sehingga mampu dalam menjalankan peran dan tugasnya sebagai anggota polri yang siap untuk mendukung program-program pembangunan daerah diwilayah masing-masing dan pembangunan nasional secara umum.

Bahwa dalam program pembinaan dan pelatihan ini sendiri, akan berlangsung selama 6 bulan, terhitung mulai dari bulan September 2017 sampai dengan februari 2018. Adapaun tahapan kegiatan pembinaan tersebut sebagai berikut bulan September 2017, akan dilaksanakan sosialisasi guna pencarian calon peserta pembinaan dan pelaihan pada sekolah-sekolah tingkat menengah sederajat pada Kabupaten dan Kota Madya.

Bulan Oktober akan dilaskanakan seleksi peserta calon pembinaan dan pelatihan, sedangkan pada bulan Nopember, Desember 2017 dan Januari 2018 merupakan tahap inti dalam program pembinaan meliputi Adminstrasi, kesehatan, psikolgi, jasmani dan Akademik.

Selanjutnya pada bulan Februari 2018 akan dilaksanakan analisis dan evaluasi terhadap penilaian pada masing-masing tahapan kegiatan Adminstrasi, kesehatan, psikolgi, jasmani dan Akademik. Dalam rangka mewujudkan hal-hal tersebut diatas sangat diperlukan langkah rill/nyata dalam mewujudkannya.sebagai langkah awal dari program ini yaitu dengan adanya penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara Polda Sumsel dengan Kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dalam mendukung program pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri tahun 2018.

Terakhir saya selaku Kapolda Sumsel mengucapkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Kepala Daerah Kabupaten/kota atas dukungandan kerjasamanya dalam mensukseskan program pembinaan dan pelatihan calon anggota polri tahun 2018.

SHARE