Home POLDA JAWA TENGAH Pendidikan Diklatsar Satpam Gada Pratama Tingkat Polda Jawa Tengah Resmi Dibuka

Pendidikan Diklatsar Satpam Gada Pratama Tingkat Polda Jawa Tengah Resmi Dibuka

0

Polres Pemalang Polda Jateng melaksanakan Upacara pembukaan Diklatsar Satpam Gada Pratama tingkat Polda Jawa Tengah, yang bertempat di Aula Balai Bhayangkara polres pemalang.Senin (18/09/2017)

Upacara di pimpin langsung oleh Kapolres Pemalang AKBP  Agus Setyawan HP, S.H, S.I.K. dengan dihadiri Waka Polres Pemalang, Para Kabag, Kasat, Kasi, perwira staf, anggota Polres Pemalang serta siswa Diksar Satpam Gada Pratama tahun 2017 sejumlah 40 peserta.

Dalam sambutannya Kapolres Pemalang menyampaikan bahwa penyematan tanda siswa diksar satpam gada pratama kepada perwakilan siswa diksar satpam, yang akan melaksanakan pendidikan selama 15 hari kedepan, ini juga sebagai Momentum dimulainya diksar satpam dengan kualifikasi Gada Pratama.

Ancaman ganguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Polres Pemalang bersifat dinamis dan tidak dapat diprediksi. Guna mendukung tugas Polri dalam menciptakan kamtibmas yang aman kondusif, harus ada sinergi dan kepedulian dari segenap komponen pendukung atau Stake Holder sebagai pengguna Satpam.

Sebagai mana tertuang dalam pasal 3 ayat  (1) UU No 2 Tahun 2002,  bahwa “Pengemban fungsi Kepolisian adalah Polri yang dibantu oleh Polsus, PPNS, dan bentuk pengamanan swakarsa atau Satpam ” Tenaga Satpam saat ini harus diartikan dan dimaknai sebagai sebuah investasi jangka panjang, karena keberadaan Satpam sebagai petugas keamanan dan penegak aturan di lingkungan kerjanya sangat mutlak dibutuhkan.

Memahami beratnya tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Satpam, maka Polres Pemalang sebagai pembina teknis Satpam berkewajiban memberikan bekal berupa pengetahuan tentang ilmu Kepolisian terbatas kepada Satpam, agar mampu melaksanakan tugas serta kewajiban nya mengamankan aset baik fisik maupun non fisik yang ada diperusahaan atau lingkungan kerjanya.

Saya juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Kab.Pemalang yang antusias untuk mengabdikan diri menjadi satpam sebagai wujud nyata membantu tugas Kepolisian Resor Pemalang dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres Pemalang menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan selama proses pembelajaran dan pelatihan satpam diantaranya, kepada instruktur agar selalu mempedomani ketentuan dalam pendidikan dan pelatihan, kepada para siswa Diksar Satpam, Laksanakan proses pembelajaran dan latihan sebagaimana diajarkan oleh pelatih, tetap semangat, dan selalu disiplin selama mengikuti pendidikan Dasar Satpam.

Humas Polres Pemalang

SHARE