Home Informasi Setiap saat Pingsan Tersengat Listrik Saat Pasang Baliho

Pingsan Tersengat Listrik Saat Pasang Baliho

0

Warga menyelamatkan korban yang terkapar tidak sadarkan diri di atas papan reklame, usai tersengat listrik saat memasang baliho, Rabu (13/9).
Bambang (42), warga Simpang Keramat, Kelurahan Pujidadi, Kecamatan Binjai Selatan, pingsan tersengat listrik, sewaktu memasang bali¬ho pada papan iklan di Sim¬¬pang trafficlight Balai Kota Binjai, Rabu (13/9) pagi.
Kejadian bermula, saat korban dan rekannya, Keling (47), warga Simpang Kera¬mat, Kelurahan Pujidadi, Ke¬camatan Binjai Selatan, diminta pihak penyedia jasa periklanan me¬masang baliho ucapan selamat datang atas kehadiran salah seorang tokoh masyarakat Sumatera Utara di Kota Binjai.

Namun ketika mengaitkan ujung baliho pada kerangka baja atas papan iklan meng¬¬gunakan kawat dan tang, tanpa sengaja korban menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi yang melintang tepat di atas kepalanya.

Akibatnya, korban langsung tersentak, lalu terkapar tidak sadarkan diri di antara kerangka baja atas papan iklan terkait. Beruntung baginya, setelah sempat pingsan selama kurang dari 10 menit, dia akhirnya terbangun.

Warga dan pengguna kendaraan di sekitar lokasi kejadian menjadi heboh. Mereka pun memadati kawasan sekitar Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Veteran, Kota Binjai.
Awalnya kami mendengar suara mirip ledakan trafo. Begitu kami lihat, ternyata dia (korban) sudah tergeletak pingsan di atas. Jelas saja kami menjadi panik. Sebab ini kejadian yang kedua ujar Andi (32), salah seorang saksi mata.
Kejadian mereka laporkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, untuk selanjutnya meminta pihak PT PLN Rayon Binjai Kota untuk melakukan pemadaman listrik sementara.

Setiba Tim Save and Rescue (SAR) BPBD Kota Binjai di lokasi kejadian, korban dievakuasi menggunakan tangga hidrolik. Dari situ, petugas membawa korban ke RSU Tentara Kota Binjai, guna mendapat pertolongan medis.
Sejauh ini kondisi korban relatif baik, meskipun kondisi tangan kanannya masih keram dan sedikit terbakar, serta masih mengalami trauma akibat kejadian itu ujar Staf Pusat Pengedali Operasi (Pudalops) BPBD Kota Binjai, Muham¬mad Surya Wijaya.
Mengenai perawatan korban, pihak penyedia jasa periklanan mengaku akan bertanggungjawab, serta siap menanggulangi seluruh biaya pengobatan dan pemulihan bagi korban.

SHARE