Home POLDA JAWA BARAT SOSIALISASI PERPPU NO 2 TAHUN 2017 TENTANG ORMAS

SOSIALISASI PERPPU NO 2 TAHUN 2017 TENTANG ORMAS

0

Pada pukul 10.00 Wib s.d pukul 12.00 Wib bertempat di Aula Hotel Sandaan Pangandaran telah dilaksanakan kegiatan pembinaan Ormas di Tingkat Kab. Pangandaran tahun 2017, dalam rangka penangkalan paham Radikalisme dan Konflik Sosial. Selasa (19/9/2017)

 

Kegiatan tersebut mengambil tema Peningkatan sinergritas ormas dalam pemantapan persatuan dan kesatuan bangsa dengan jumlah peserta 25 orang, yang menghadiri kegiatan tersebut yaitu Dandim Ciamis (Diwakili Danramil Pangandaran), Kapolres Ciamis (Diwakili Kasat Intelkam Polres Ciamis), Kasi Intel Kejaksaan Negeri Ciamis, Kakesbangpol Kab. Pangandaran dan Pimpinan ormas se-Kab. Pangandaran

 

Pada kegiatan tersebut Kasi Intel Kejari Ciamis menyampaikan Perpu No 2 tahun 2017 tentang Ormas, yg mana memberikan wawasan dan atau pemahaman terkait Ketentuan larangan terhadap ormas dan ketentuan pidana bagi ormas yang melanggar.

 

Danramil Pangandaran menyampaikan pemahaman terkait bela negara, bela negara dilaksanakan oleh semua unsur dan termasuk oleh ormas, bela negara dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap negara hal tsb untuk meminimalisir adanya ancaman terorisme, gerakan separatis, aksi radikalisme, dll.

 

Kasat Intelkam Polres Ciamis AKP Aep Saepudin, S.H menyampaikan peningkatan partisipasi ormas dalam menjaga dan memelihara kamtibmas di kab. Pangandaran, sesuai UU No.2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Kepolisian RI akan bersama sama dengan pihak pemerintah dan ormas untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat, maka dari itu ormas harus menjadi ujung tombak dan ikut terlibat bersama polri untuk meminimalisir terjadinya konflik sosial dan berkembangnya faham radikalisme.

 

Selama kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan kondusif dan diharapkan peserta dalam kegiatan tersebut dapat memahami apa yang disampaikan oleh pemateri sehingga dapat dilaksanakan dengan baik.

SHARE