Home Informasi Setiap saat Warga Hadang Tim Evakuasi Kebun PTPN Sei Semayang

Warga Hadang Tim Evakuasi Kebun PTPN Sei Semayang

0

Sebagian warga sedang menunggu hasil pembicaraan perwakilan mereka di kantor Camat Sunggal.
Puluhan warga Desa Sidodadi, Telaga Dingin ,Sei Semayang, Sunggal menghadang aparat, dan tim sekuriti PTPN Kebun Sei Semayang yang hendak mengevakuasi lahan yang mereka tanami, Senin (25/9).

Warga menghadang traktor dan menantang aparat bersenjata yang didukung puluhan sekuriti. Dalam situasi tegang itu aparat yang memimpin tim evakuasi Kapten K Manik menghentikan kegiatan. Setelah berembuk ,untuk menghindari anarkis maka diputuskan pertemuan di kantor Camat Sunggal.

Dalam pertemuan itu, seorang utusan warga, Siregar hampir adu jotos dengan pimpinan tim evakuasi Kapten K Manik. Kapten K Manik mengaku diperintah Pangdam untuk melakukan evakuasi, namun ketika diminta surat tugasnya oleh warga ,yang diberikan surat perjanjian kerja dengan PTPN. Terjadi debat dan hampir terjadi baku hantam. Wakapolsek Sunggal Sebayang, anggota Koramil O1 Sunggal, Kades Sei Semayang dan Ka Trantib Sunggal Lukah melerai dan mengamankan situasi pertemuan itu.

Keputusan tidak bisa diambil karena belum semua kelompok yang diperlukan hadir. Rencananya pertemuan akan dijadwalkan kembali. Sementara itu warga meminta agar petugas dan tim evakuasi yang ada di lapangan segera ditarik.

Menager Kebun Sei Semayang Ir L Barus mengatakan bahwa pihaknya secepatnya akan mengevakuasi 1.000 Ha lahan kebun di lokasi itu. Kita akan tanami tebu, tidak ada lahan yang dijual atau dibangun perumahan di situ.

Setelah pertemuan, warga kembali dan membubarkan diri.

SHARE