Home Informasi Berkala Kapolres Blora Pimpin Apel Siaga Pengamanan Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Cepu

Kapolres Blora Pimpin Apel Siaga Pengamanan Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Cepu

0

Polda Jateng – Polres Blora siapkan personil terpadu untuk amankan pengesahan warga baru perguruan silat Persaudaraan Setia hati Teratai (PSHT) yang digelar di padepokan silat PSHT Desa Wonorejo Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Sabtu (14/10/17) kemarin malam.

Dalam acara tersebut Polres Blora menyiapkan kekuatan pengamanan sebanyak 300 personil. Jumlah tersebut terdiri dari Anggota Polres Blora dan melibatkan Instansi terkait Kodim 0721 Blora, Satpol PP dan perwakilan Satgas PSHT cabang Cepu. Senin (16/10/17).

Kapolres Blora AKBP Saptono S.I.K, M.H bertempat di halaman Mapolsek Cepu memimpin langsung Apel Siaga pengamanan puncak pengesahan warga baru PSHT Cabang Cepu. Kapolres dalam amanatnya menyampaikan beberapa hal penting untuk dipedomani anggota yang akan melaksanakan pengamanan di beberapa titik.

“Apel siaga pengamanan pengesahan warga baru PSHT ini untuk mengantisipasi terjadinya bentrokan dengan warga maupun dengan perguruan pencak silat lainnya, supaya kegiatan dapat berjalan aman kondusif,” Ujar Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K,M.H.

Dalam arahannya Kapolres meminta agar semua anggota selalu waspada dan menempati Pos masing-masing. kurangi sifat arogan dalam melaksanakan pengamanan maupun pemeriksaan terhadap para anggota PSHT yang akan menuju padepokan. Gunakan himbauan kamtibmas dan selalu monitor setiap saat perkembangan situasi.

Untuk personil unit patroli harus setiap saat mobiling mengantisipasi arak-arakan anggota PSHT yang dapat menimbulkan kemacetan arus lalu lintas atau bahkan memancing kerusuhan dengan warga lain.

Menurut Kapolres, pihaknya melakukan pengamanan dengan metode penyekatan yaitu memeriksa masuknya masa penggembira PSHT dari luar Kabupaten Blora yang ingin bergabung di Cepu pada perayaan pengesahan warga baru PSHT.

Selain memblokade jalan kecil yang dapat di jadikan akses masuk ke Cepu, pihaknya sudah menempatkan Pos Pengamanan (Pospam) terpadu di setiap perbatasan. “Kami juga sudah menyebar anggota di sejumlah pos yang ada di Cepu juga melakukan penjagaan dan pantauan di lokasi Padepokan Silat PSHT sebagai tempat pusat acara pengesahan.” terang AKBP Saptono.

“Kami all out melakukan pengamanan. Kami harap rangkaian kegiatan ini bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar seperti kesepakatan dalam Rakor kemarin” tambah Kapolres

Sementara itu, Kabagops Polres Blora Kompol I Gede Arda menerangkan, pola pengamanan yang diterapkan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Setiap rombongan diberikan pelayanan pengawalan dari Polsek jajaran hingga ke padepokan.

“Masing-masing rombongan di kawal dan ada koordinator dari Pamter PSHT” Jelas Kompol I Gede Arda.

SHARE