Home Informasi Berkala Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Angkatan 41 Polres Blora Berlangsung Seru

Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Angkatan 41 Polres Blora Berlangsung Seru

0

Kapolres Blora AKBP Saptono S.I.K, M.H yang diwakili Kabag Sumda Kompol Rubiyanto pimpin pelaksanaan pembukaan serta pelepasan Pembinaan Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Polres Blora Angkatan 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni mulai hari Sabtu (28/10/17) pukul 09.00 WIB dan berakhir hari Minggu (29/10/17) kemarin pukul 11.00 WIB.

Tradisi pembaretan yang diikuti sebanyak 23 orang Bintara Remaja Angkatan 2007, ini adalah proses penerimaan bintara baru yang dilakukan secara turun temurun agar pada saat bertugas dilapangan mereka dapat lebih menghargai seniornya yang setingkat lebih tinggi sekaligus untuk meningkatkan respek dan ketanggapan saat menerima perintah dari atasan langsung.

Pembaretan dimulai dengan melaksanakan long march yang dimulai dari Desa Waru Kecamatan Jepon hingga berakhir di lapangan Desa Gandu, Kecamatan Bogorejo. Meski harus melalui rute sejauh 35 km yang terdiri dari jalan pedesaan hingga pegunungan, semangat para peserta  pembaretan  masih terpancar dari wajah para Bintara Baru.

Terlihat saat malalui beberapa ujian yang dilakukan disetiap pos seperti bongkar pasang senjata, pakai perlengkapan dalmas, merayap disungai, penanganan korban penyekapan, halang rintang, turun tebing, hingga pengambilan baret dipuncak gunung Pencu.

Mereka juga bermalam ditengah hutan dan diajarkan beberapa teknik survival bertahan hidup dengan keterbatasan. Kapolres Blora AKBP Saptono diwaktu malam hari turut meninjau lokasi pembaretan untuk memastikan semua anggota Bintara remaja sehat tidak ada yang mengalami cidera dan dalam keadaan lengkap.

Selayaknya seorang ayah Kapolres menyapa dengan kasih sayang para bintara remaja yang tampak lelah berbaring di feel bad. “Gimana masih capek? Masih sehat kan semuanya?” Tanya AKBP Saptono. Para bintara remaja pun kompak menjawab “Siap masih kuat dan sehat.” Jawab mereka.

Kapolres mengajak semua untuk makan bersama sate kambing agar para bintara remaja yang sedang melakukan pembaretan merasa senang setelah seharian berjalan dan berlatih serta digembleng mentalnya oleh para instrukrur dan senior-seniornya.

Suasana kekeluargaan tampak terlihat antara atasan dengan bawahan antara senior dengan junior semua berbaur menjadi satu.

SHARE