Home Informasi Setiap saat AIPTU SYAMSUL BAHRI SAMPAIKAN PESAN-PESAN KAMTIBMAS KEPADA MASYARAKAT

AIPTU SYAMSUL BAHRI SAMPAIKAN PESAN-PESAN KAMTIBMAS KEPADA MASYARAKAT

0

Polres Lubuklinggau – Kapolsek Lubuklinggau Barat, Iptu Sofian Hadi, SH memerintahkan para Bhabinkamtibmas Polsek Lubuklinggau Barat untuk selalu dekat dengan masyarakat. “Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri karena selalu berada dekat dengan masyarakat, sehingga dapat sebagai deteksi dini akan situasi kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polsek Lubuklinggau Barat”, tegas Kapolsek.
.
Salah satu Personil Polsek Lubuklinggau Barat sekaligus Bhabinkamtibmas terbaik Polres Lubuklinggau, Aiptu Samsul Bahri, SH yang merupakan Bhabikamtibmas Kel. Ulak Lebar Kec.Lubuklinggau Barat rutin laksanakan sambang dan sosialisasikan pesan-pesan kamtibmas ke rumah warga (Door To Door System) maupun sosialisasi bersama tiga Pilar. Dalam menyampaikan pesan-pesan tersebut Aiptu Syamsul Bahri tidak segan-segan mengajak masyarakat untuk aktif berperan serta dalam memelihara kamtibmas.
.
Beberapa himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas disampaikan kepada Masyarakat oleh Aiptu Syamsul Bahri (10/10/2017). Warganya dihimbau agar mengoptimalkan dan meningkatkan giat-giat sistem pengamanan Swakarsa dengan melaksanakan lihat ronda malam aku atau Siskamling. Selain itu juga mengingatkan kembali agar mengantisipasi berbagai kejadian menjelang memasuki musim penghujan yang tentunya akan mengakibatkan beberapa wilayah yang memiliki kerawanan terjadinya bencana alam bajir dan tanah longsor agar dilakukan langkah-langkah antisipasi dengan membersihkan saluran saluran air dan melakukan penanaman kembali lahan lahan yang gundul dengan tanaman kayu, ungkapnya.
.
Dilanjutkan Aiptu Syamsul, “Dan juga kami mengingatkan, jika listrik rumah kita padam/mati saat kita menghidupkan genset, dihimbau agar gensetnya jangan berada didalam rumah, letakkan diluar rumah, dikarenakan gas asap pembuangan dari genset tersebut sangat berbahaya bagi tubuh manusia, karena gas asap pembuangannya tersebut mengandung karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (CO2) yang sangat berbahaya bagi tubuh, kesehatan manusia, bisa menyebabkan meninggal dunia seperti yang terjadi waktu kemarin yang merenggut empat korban jiwa”, dengan demikian tidak terulang kembali peristiwa yang kita sesalkan bersama tersebut, sesalnya. Dan juga diingatkan
jika kita meninggalkan rumah, tolong dicek n ricek kembali kompor apa sudah dimatikan apa belum, keran air, peralatan elektronik dan lain sebagainya.
.
Sehubungan dengan warga yang akan berpergian dihimbau, Jika kita menggunakan kendaraan roda 4, gunakan sabuk pengaman/ safety belt, Jika kita berkendaraan bermotor roda dua, selain do’a, upaya kita untuk keamanan/safety kepala agar tidak cidera gunakan helm SNI, terus patuhi aturan-aturan berlalu lintas demi keselamatan kita. Jika memarkirkan kendaraan bermotor baik didalam rumah maupun diluar rumah, gunakanlah kunci ganda, bila perlu copot busi dan kabel pengapiannya serta jangan meninggalkan barang berharga ataupun tas didalam mobil. Jika kita meninggalkan rumah agak lama, titip sama tetangga. Diingatkan juga bagi ibu-ibu, jika keluar rumah, jangan memakai perhiasan yang mencolok, karena bisa mengundang, memberi kesempatan/peluang bagi pelaku kejahatan.
.
Tidak lupa Bhabinkamtibmas yang aktif mengajar mengaji dan menjadi Khatib ini menyampaikan ayat suci Al-Qur’an “Bismillah, Allah Ta’ala berfirman : Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri (QS. Ar-Rad 11)”. Selain do’a, kita diharuskan untuk ikhtiar, upaya kita, jika kita ingin mencari rezeki selain do’a upaya kita bekerja, apa itu berdagang, bertani dan pekerjaan halal lainnya. Jika kita sakit, selain do’a kita berobat yang tidak bertentangan dengan syariat, seperti berobat ke dokter atau tabib yang tidak mengandung kesyirikan sedikitpun kepada Allah ‘Azza wa Jalla, karena syirik adalah dosa yang paling besar, larangan Allah ‘Azza wa Jalla yang besar adalah menjauhi dosa syirik, perintah Allah ‘Azza wa Jalla yang paling agung adalah Tauhid. Jazakumullahu khoiron wa Barakallahu fikum, diakhiri Aiptu Syamsul Bahri kepada Warga yang disambanginya.

SHARE