Home Informasi Setiap saat Amankan Komplotan Pembobol Ruko

Amankan Komplotan Pembobol Ruko

0

Kapolsek Binjai Timur, AKP Pahala Manurung memperlihatkan dua anggota komplotan pencuri spesialis pembobol ruko, berikut barang bukti, Kamis (26/10) siang.
Tim Opsnal Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Binjai Timur meringkus dua anggota komplotan pencuri spesialis pembobol rumah toko (ruko), saat menggelar operasi penangkapan, Kamis (26/10) siang.
Keduanya, Us alias Man (45), warga Jalan Alurrejo, Brayan, Keca¬matan Medan Timur, dan Zai alias Wak Let (58), warga Jalan Kiwi, Lingkungan I, Kelurahan Men¬cirim, Kecamatan Binjai Ti¬mur.
Dari kedua tersangka, po¬lisi menyita barang bukti pu¬luhan pakaian, kalung mu¬tiara, dan 10 jam tangan di¬duga hasil curian, pirek kaca bekas pakai, serta peralatan untuk beraksi, berupa kapak, kunci inggris, pedang, martil, obeng, dan tang.
Modus operandinya, ke¬dua tersangka menyelinap masuk ke dalam toko, usai merusak dan melubangi din¬ding bangunan, ungkap Ke¬pala Kepolisian Sektor (Ka¬polsek) Binjai Timur, AKP Pahala Manurung, Kamis (26/10).
Kapolsek menyatakan, operasi penangkapan itu dila¬kukan menyi¬kapi kasus pem¬bobolan Butik Sabrina Colec¬tion, di Jalan Ir H Djuanda, Kelurahan Mencirim, Keca¬matan Binjai Timur, yang diperkirakan terjadi Kamis (26/10) dini hari.
Dalam kasus itu, pemilik butik, S Simbolon (45), warga Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Mencirim, menga¬ku mengalami kerugian hing¬ga mencapai Rp30 juta, akibat kehilangan sejumlah pakaian dan barang berharga lainnya.
Namun begitu korban membuat laporan ke Mapol¬sek Binjai Timur, seketika itu pula saya beserta anggota opsnal Unit Reskrim mendatangi lokasi kejadian, kata Kapolsek, didampingi Kepala Unit Reserse Kriminal (Kanit Reskrim), Ipda Junaidi.
Beruntung setelah mem¬pelajari hasil rekaman kamera CCTV, pihaknya mam-pu me¬ngenali ciri pelaku pencu¬rian, yang diketahui berjumlah dua orang. Mereka itu, Us dan Zai, yang berprofesi sebagai peng¬epul barang bekas.
Begitu melihat hasil reka¬man kamera CCTV, kita tanda wajah ke¬dua tersangka. Sebab saat beraksi, mereka minum di tempat itu, dan tanpa se¬ngaja menolehkan wajahnya tepat ke arah kamera.
Atas dasar itu pula, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Binjai Timur bergegas memburu kedua tersangka, hingga akhirnya mereka bisa ditangkap di kawasan pemukiman Jalan Kiwi, Lingkungan I, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur.
Dalam operasi itu, tersangka Us kita tangkap saat sedang bersantai dalam pondok di tepi Sungai Mencirim. Sedang rekannya, Zai, kita tangkap usai dijemput dari rumah¬nya.
Pihaknya juga mengaman¬kan ba¬rang bukti hasil curian, yang sengaja di-tinggalkan ke¬dua tersangka di areal Tempat Pemakaman Umum (TPU) Mus-lim, Lingkungan III, Ke¬lurahan Mencirim.
Hasil interogasi, kedua tersangka mengaku merencanakan aksi pencurian itu sejak Rabu (25/10) malam, ujar Kapolsek, yang mengaku masih mendalami dugaan keterlibatan kedua tersangka dalam kasus kejahatan serupa di tem¬pat lain.
Menyikapi penangkapan kedua tersangka, S Simbolon, selaku korban pencurian meng¬ungkapkan terima¬ka¬sihnya kepada polisi, karena dianggap telah bekerja dengan maksimal.

SHARE