Home Informasi Berkala Begini Cara Polisi Cegah Kebakaran Hutan di Grobogan

Begini Cara Polisi Cegah Kebakaran Hutan di Grobogan

0

Polres Grobogan Polda Jateng – Sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Kepolisian Sektor (Polsek) Kedungjati Polres Grobogan lakukan proactive policing melalui pembentangan spanduk di sekitar lahan warga, Jumat (6/20/2017).

Kapolsek Kedungjati AKP Sapto mengatakan kegiatan pemasangan spanduk dilakukan di hutan sekitar desa Kalimaro dan desa Ngembak Kecamatan Kedungjati.

“Kami sengaja membuat spanduk Karhutla dengan harapan masyarakat lebih paham dan mengerti isi pesan imbauan yang ada di spanduk,” jelas AKP Sapto.

Sementara Kapolres Grobogan AKBP Satria mengimbau kepada warga untuk tidak membakar lahan karena rawan terjadinya kebakaran.

Dirinya juga memerintahkan seluruh jajaran Bhaninkamtibmas untuk memberikan himbauan langsung kepada masyarakat larangan membakar lahan dan hutan.

Lanjutnya, pihaknya tegas melarang membuka lahan dengan cara membakar hutan karena pada musim kemarau seperti saat sekarang sangat berbahaya dan dapat menjadi polusi dan kabut asap serta menganggu kesehatan.

Kapolres menambahkan, pelaku pembakaran hutan dan lahan akan terancam hukuman pidana sebagaimana dijelaskan dalam Undang Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman pidana paling lama 15 tahun dengan denda Rp 5 miliar. Selain itu, berdasarkan pasal 187 KUHP, pelaku pembakaran hutan dengan sengaja, diancam pidana 12 tahun penjara.

Bahkan, jajaran Polres dan Polsek dikerahkan untuk berpatroli memantau kebun-kebun masyarakat dan berikan penyuluhan langsung kepada masyarakat agar tidak terjadi kasus kebakaran hutan dan lahan, pungkasnya.

SHARE