Home Informasi Setiap saat Bekuk Seorang Pria Belanja Pakai Uang Palsu

Bekuk Seorang Pria Belanja Pakai Uang Palsu

0

Tersangka pengedar uang palsu yang diamankan beserta barang bukti uang palsu pecahan Rp 50.000.
Nekat belanja menggunakan Uang Palsu (Upal), Wahyudi Tanjung alias Yudi (22), warga Jalan Besar Delitua, Gang Pantai Mawar, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, diringkus petugas kepolisian Sektor Delitua.

Senin (9/10), tersangka diringkus Jumat (6/10) lalu tersangka ditangkap usai dilaporkan oleh korbannya yang juga pemilik warung, tempat tersangka membelanjakan uangnya.

Korban yakni Setiawati (19), warga Jalan Abdul Haris Nasution, Kelurahan Kwala Bekala, Medan Johor.

Kapolsek Delitua Kompol Wira Prayatna SIK dalam keterangannya persnya menjelaskan kronologi penangkapan tersangka, dimana sebelumnya tersangka Yudi membeli roti di warung milik Setiawati menggunakan Upal pecahan Rp 50.000.

Ketika uang tersebut diremas bagian sudutnya lekang, dan ketika Yudi kembali berbelanja ke tukang roti, dia juga membayar dengan 1 lembar uang pecahan Rp 50.000, yang diduga palsu.

Atas kejadian itu, korban melapor ke petugas Polsek Delitua.

Selanjutnya petugas bersama korban mengamankan pelaku ketika sedang bekerja di bengkel. Saat dilakukan penggeledahan, di dalam tas pelaku, petugas menemukan 3 lembar uang palsu pecahan Rp 50.000, yang nomor serinya sama dengan uang yang telah digunakan untuk membayar roti.

Selanjutnya tersangka berbadan ceking, berambut gonjes itu digelandang ke Mapolsek Delitua guna pemeriksaan lebih lanjut.

Tersangka Yudi mengaku uang tersebut milik temannya berinisial R (DPO). Sedangkan barang bukti yang diamankan, empat lembar uang palsu pecahan Rp 50.000, yang nomor serinya sama, yakni ABU 4601472, dan satu lembar uang palsu pecahan Rp 50.000, yang bagian sudutnya telah lekang.

Kepada tersangka dijerat dengan pasal 36 ayat (3), undang undang No. 7 tahun 2011, tentang mata uang, dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun, atau denda paling banyak Rp50.000.000.

SHARE