Beranda POLDA JAWA TENGAH Bhabinkamtibmas Polsek Randublatung Polres Blora Latih Kemapuan Bela Diri Anggota Linmas

Bhabinkamtibmas Polsek Randublatung Polres Blora Latih Kemapuan Bela Diri Anggota Linmas

0

Polda Jateng, Blora – Tidak diragukan lagi, kemampuan Bhabinkamtibmas (Bhabin), untuk beri latihan kepada pengamanan swakarsa. Kepolisian Polsek jajaran Polres Blora tak dapat bekerja sendiri melainkan membutuhkan kerjasama dengan berbagai elemen pengamanan, seperti Linmas.

Siang hari tadi, Kamis (05/10/17) pukul 09.00 WIB, Bhabin Desa Ngliron, yang merupakan wilayah Polsek Randublatung, Polres Blora,  Brigadir Munadi bersama Bhabinsa (TNI) Sertu Sugiyono, memberi materi pelatihan kepada puluhan anggota Linmas.

Materi yang diberikan tentang bela diri dan termasuk PBB (peraturan baris berbaris). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Linmas sesuai dengan peranannya, menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan Desa.

Linmas merupakan mitra kerja dan perpanjangan tangan Kepolisian dalam bidang keamanan. Latihan ini juga untuk memupuk rasa kebersamaan di antara anggota linmas agar meningkatkan solidaritas dan kepercayaan diri dalam melaksanakan tugas.

Latihan bela diri ini mengambil tempat di lapangan kantor Desa Ngliron Kepada puluhan Linmas, Bhabin melatih beberapa teknik pukulan, tendangan, tangkisan, kuncian dan teknik menjatuhkan lawan. Kegiatan ini bertujuan bukan hanya untuk menjalin kemitraan kerja saja, akan tetapi membekali Linmas dengan kemampuan bela diri termasuk kedisiplinan.

Kapolsek randublatung Polres Blora AKP Selamet Riyanto, S.H mengatakan, Linmas sebagai mitra kerja bidang keamanan, menjadi sangat penting dalam meningkatkan kemampuan secara perorangan maupun kelompok.

“Setiap anggota Bhabinkamtibmas wajib memberikan pelatihan, kepada anggota Linmas berupa Bela diri termasuk PBB, guna meningkatkan kedisiplinan dalam penunjang tugas sehari-hari,” ujarnya.

Sesuai dengan rencana kegiatan serupa akan menjadi agenda rutin dengan materi dan kesempatan yang berbeda, sehingga dapat menjadi pedoman dan peningkatan kemampuan pengamanan swakarsa.

Kapolsek juga menyebutkan, alasan lain di balik pentingnya pelatihan tersebut. “Yakni, bahwa Linmas merupakan tenaga cadangan yang menjaga keamanan dan ketertiban bersama TNI dan Polri dalam konsep mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” pungkas AKP Selamet Riyanto.

BAGIKAN