Home Informasi Setiap saat Bupati Imbau ASN Kampanye Konsumsi Ikan

Bupati Imbau ASN Kampanye Konsumsi Ikan

0

Bupati Sergai Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya mengabadikan foto bersama dengan Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST dan para pemenang lomba usai acara Lomba Masak Ikan dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan tingkat kabupaten di halaman Diskanla Komplek Perumahan Bumi Sergai Kecamatan Sei Rampah belum lama ini.
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Dinas Peri¬kanan dan Kelautan (Diskanla) meng¬gelar kegiatan Lomba Masak Ikan dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan tingkat kabupaten di halaman Diskanla Komplek Perumahan Bumi Sergai Kecamatan Sei Rampah belum lama ini.
Hadir dalam acara tersebut Bupati Sergai H Soekirman, Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Hadi Winar¬no, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, para asisten, staf ahli bupati, Kepala OPD, camat dan Ketua TP PKK kecamatan serta ratusan anggota PKK se-Sergai.
Bupati Soekirman mengemukakan, untuk menjaga kesehatan salah satu¬nya dapat dimulai dari pengetahuan yang mendasar tentang asupan makan¬an pada tubuh. Seperti diketahui ber¬sama bahwa ikan merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi manusia.
Kandungan omega 3 yang terkan¬dung di dalamnya merupakan nutrisi yang penting, tidak hanya bagi kese¬hatan dan pertumbuhan tapi juga bagi perkembangan otak. Hal inilah yang mendasari tren konsumsi ikan masya-rakat dunia dari tahun ke tahun terus meningkat.
Pada tahun 2017 ini, Pemkab Sergai menargetkan ting¬kat konsumsi ikan masyarakat perka¬pita menjadi 42 kg/tahun. Target ini memang masih di bawah target nasio¬nal, akan tetapi masih menunjukkan tren yang terus meningkat. Jika dilihat dari realisasinya konsumsi ikan perka¬pita Kabupaten Sergai pada tahun 2015 yakni 38 Kg dan tahun 2016 40 Kg.
Oleh karenanya, untuk mencapai target konsumsi ikan di Sergai, Pem¬kab terus berupaya untuk meningkat¬kan produksi perikanan dengan me¬mak¬simalkan potensi di sektor peri¬kanan tangkap, perikanan budidaya dan pengolahan hasil perikanan.
Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman menyampaikan, pendi¬dikan dan kesehatan menjadi fondasi dasar dalam pembangunan SDM. Dan SDM yang berkualitas menjadi keha¬rusan untuk mewujudkan bangsa yang besar. Mengutip kampanye dari Men¬teri Kelautan dan Perikanan RI yang sempat menjadi viral yaitu Ayo Makan Ikan, yang tidak makan ikan saya teng-gelamkan. Untuk itu Bupati meng¬imbau agar masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat khususnya para ASN sebagai pelayan publik dapat menjadi pionir gerakan mengon¬sumsi ikan dan turut melakukan kampanye penting¬nya mengonsumsi ikan pada keluarga dan masyarakat.
Kadis Perikanan dan Kelautan selaku panitia penyelenggara melapor¬kan bahwa kegiatan kegiatan yang bertema Melalui lomba masak ikan, kita ciptakan masyarakat sehat dan cerdas untuk mendorong Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan. Sedangkan tujuannya adalah untuk memasyarakatkan makan ikan, me¬nye¬barluaskan informasi tentang manfaat ikan dan mendorong kreati¬vitas masya¬rakat dalam mengolah ikan.
Adapun yang berhasil meraih juara pada lomba masak ikan tersebut adalah juara I diraih oleh Kecamatan Tebing Syahbandar, juara II Kecamatan Per-baungan, juara III Kecamatan Silinda, Harapan I Kecamatan Sei Rampah, Harapan II Kecamatan Tebing Tinggi dan Harapan III Keca¬matan Sei Bam-ban.

SHARE