Home POLDA BALI Kapolres Jembrana Tatap Muka Dengan Para Pecalang Se Kabupaten Jembrana

Kapolres Jembrana Tatap Muka Dengan Para Pecalang Se Kabupaten Jembrana

0

Polda Bali – Polres Jembrana –  Sejalan dengan semakin besarnya peran yang dimainkan oleh Pecalang yang juga mendapat mengakuan secara yuridis sebagaimana diatur dalam Perturan Daerah No 3 tahun 2001 tentang Desa Pakraman.

Dalam pasal 17 perda No 3 menyatakan dalam ayat ( 1 ) , Keamanan dan ketertiban Desa Pakraman ( adat) dilaksanakan oleh pecalang dan dalam ayat 2 ( dua ) melaksanakan tugas tugas pengamanan diwilayah desa pakraman dalam hubungan tugas adat dan agama.

Hubungan Polri dengan pecalang berada dalam kedudukan Koordinatif yang artinya pihak polri diwajibkan oleh undang undang untuk melakukan koordinasi agar tidak tumpang tindih dengan pengamanan swakarsa lainnya disamping petugas pecalang .

Polri sangat memerlukan sinergitas pengamanan dengan unsur Pam swakarsa seperti pecalang,Hansip,Satpam dan pengamanan lainnya sebagai kearifan lokal yang mengetahui betul situasi, kultur , adat dan budaya  masyarakat setempat.

Untuk menjalin sinergitas mencegah masuknya Paham radikalisme dan intoleransi demi terciptanya situasi Kamtibmas yang mantap aman dan Kondusif.

Kapolres jembrana AKBP Priyanto Priyo Hutomo,S.I.K.,M.H., melaksanakan tatap muka dengan para pecalang se kabupaten jembrana di halamam depan polres jembrana,rabu (4/10/2017) pkl 09.00 wita.

Hadir dalam tatap muka tersebut para kabag,kasat,dan ratusan pecalang sekabupaten jembrana.

Tatap muka dengan pecalang kabupaten jembrana disamping bertujuan untuk membangun sinergitas antara Polres jembrana dengan pecalang dan masyarakat juga tekait dengan dilaksanakan operasi Bina waspada agung 2017 dalam rangka memcegah masuknya paham radikalisme dan Intoleransi.

Kapolres jembrana dalam tatap muka dengan pecalang menyampaikan terimakasih kepada para pecalang atas kehadirannya pada acara tatap muka hari ini.

” Disampaikan pula bahwa Polres jembrana pada saat ini sedang melaksanakan Operasi Bina Waspada Agung 2017 ,” kata Kapolres Jembrana.

” Tatap muka dilaksanakan dalam rangka sinergitas Polri Polres  jembrana dengan pecalang dalam rangka mencegah masuknya paham radikalisme dan intoleransi untuk terpeliharannya Kamtibmas yang kondusif.” Ucap Kapolres Jembrana.

” Derasnya pengaruh media sosial dalam kehidupan dimasyarakat diharapkan para pecalang bijak dalam menggunakan media sosial sehingga tidak berpengaruh negatif terhadap situasi kamtibmas,” jelas Kapolres jembrana

“Pergunakanlah media sosial ( Medsos ) pada hal hal yang Positif dalam pergaulan di masyarakat ,” imbuh Kapolres jembrana

Diharapkan tetap jalin sinergitas untuk membangun situasi kondusif di desanya masing masing yang akan berimbas dan berpengaruh sampai di tingkat kabupaten,” pungkasnya.

SHARE