Home Informasi Berkala Kapolres Lubuklinggau Irup Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

Kapolres Lubuklinggau Irup Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

0

Polres Lubuklinggau – Senin (30/10/2017) pukul 07.30 WIB dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 bertempat di Halaman Upacara Mapolres Lubuklinggau.
.
Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Kapolres Lubuklinggau,  Akbp Hajat Mabrur Bujangga, Perwira Upacara Kapolsek Lubuklinggau Timur Akp Hadi Sutrianto, SH, Komandan Upacara KA SPKT  Ipda Dedi Apriansyah, SE, Pembaca Keputusan Kongres Pemuda Ipda Zulkipriandi dan peserta Upacara diikuti oleh Seluruh Personel Polres Lubuklinggau dan Jajaran serta ASN Polres Lubuklinggau.
.
Kapolres Lubuklinggau dalam amanat yang dibacakannya “89 tahun yang lalu pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jl. Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta, mereka mengikrarkan diri sebagai Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa, yaitu Indonesia. Ikrar ini menjadi monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia yang akhirnya melahirkan proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945”.
.
Lanjut Kapolres, dengan perjuangan para tokoh pemuda dari lintas suku, agama dan daerah seantero Nusantara, berkumpul di Jakarta dan menyatakan tekad bersama untuk menyatukan bangsa Indonesia yang menjadi cikal bakal bagi kemerdekaan bangsa Republik Indonesia. Kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang telah melahirkan Sumpah Pemuda, hendaknya perjuangan besar mereka itu dapat memotivasi kita lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta mengisi kemerdekaan Indonesia.
.
“Api Sumpah Pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan, Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa serta hindari ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita yang kadang kala mengemuka dan menggerus persaudaraan sesama anak bangsa, demikan pesan Bung Karno yang harus kita ingat”, lanjut Kapolres.Sehubungan dengan Peringatan Sumpah Pemuda tersebut, Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh diatas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan apalagi golongan, saatnya melangkah ke tujuan yang lebih besar yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia, Pungkas Kapolres.

 

SHARE