Home Informasi Serta Merta Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Masyarakat Diharapkan Bijak Dalam Menggunakan Media...

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Masyarakat Diharapkan Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

0
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Masyarakat Diharapkan Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

Polda Sumsel – Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Drs Rikwanto, pada Kamis (28-9-2017) mengatakan, masyarakat diharapkan bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos).

 

Sebab, jika membuat dan menyebar ujaran kebencian (Hate Spech) maka siap-siap dijemput pihak kepolisian. Hal tersebut dikatakan Jenderal berpangkat Bintang Satu ini usai memberikan arahan kepada jajaran Humas Polda Sumsel dan para Kabag Ops Polres-Polres di jajaran Polda Sumsel di Hotel Clasic Palembang. Mabes Polri kini sedang menggalakkan kampanye kepada masyarat untuk tidak menyebar hate spech dan harus lebih bijak dalam bermedsos.

 

Jadi, kita harapkan masyarakat bijak, kalau masih ada masyarakat melakukannya, ya silahkan coba-coba membuat dan menyebar hate spech di Medsos. Tapi tunggu, kami akan menjemputnya, tegasnya.

 

Menurutnya, pada saat dirinya menyampaikan arahan kepada anggota Humas Polda Sumsel dan para Kabag Ops Polres-Polres, ia juga menyampaikan hal tersebut.

 

Adapun tujuannya agar setiap anggota dapat menyampaikan kepada masyarakat tentang menggunakan Medsos dengan bijak. Kita ketahui, kalau di Polda yang menjelaskan kinerja kepolisian kepada masyarakat yakni humas.

 

Sedangkan kalau di Polres-Polres, yakni Kabag Ops yang memiliki peran itu. Jadi kita harap dengan adanya arahan tersebut semua anggota dapat menyampaikannya kepada masyarakat, terangnya.

 

Diungkapkannya, penggunaan media sosial saat ini tidak dapat lagi dielakan, karena sudah merupakan kemajuan teknologi. Dari itulah pihak kepolisian memantau semua Medsos dengan Cyber Patrol.

 

Jadi kalau ada Medsos yang melanggar hukum dan merusak tatanan sosial yang dilakukan oleh pengguna akun Medsos dengan sadar maka akan dikenakan pidana Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

 

Untuk itu, kami selalu mengajak masyarakat agar selalu bijak menggunakan Medsos, jelasnya. Lebih jauh dikatakannya, bahkan hingga saat ini Polri sudah banyak menangani kasus ujaran kebencian.

 

Apalagi diantaranya, sudah ada tersangka nya yang kini sedang menjalani proses persidangan di pengadilan. Kalau se-Indonesia ini banyak kasusnya, ada sekitar ratusan kasus.

 

Nah, selain itu kami juga menghimbau agar masyarakat berhati-hati untuk menyebar infromasi atau postingan orang lain di Medsos. Masyarakat diharapkan membaca serta mempelajari dengan betul sebelum dishare kembali di Medsosnya, tandasnya.

SHARE