Home Informasi Setiap saat Kepada Masyarakat Agar Lebih Jeli Dan Pintar Dalam Membeli Obat-Obatan, Terpenting Perhatikan...

Kepada Masyarakat Agar Lebih Jeli Dan Pintar Dalam Membeli Obat-Obatan, Terpenting Perhatikan Tanggal Kadaluwarsanya

0
Kepada Masyarakat Agar Lebih Jeli Dan Pintar Dalam Membeli Obat-Obatan, Terpenting Perhatikan Tanggal Kadaluwarsanya

Polda Sumsel – Beberapa hari terakhir, warga Kota Palembang tengah dihebohkan dengan banyaknya obat kadarluwarsa yang ternyata beredar di pasaran. Hal itu terungkap, setelah jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel akan terus mengembangkan kasus penemuan gudang obat-obatan keras/berbahaya dan sudah kadaluarsa di Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan.

 

Termasuk menelusuri dari mana obat-obatan itu berasal, meskipun telah diakui tersangka didapat dari rumah-rumah warga.

 

Sementara ini belum mengarah apakah obat kadaluwarsa yang ditemukan berasal dari apotik ataupun rumah sakit, tapi kedepannya akan terus dikembangkan untuk mengungkap sumber obat ini, berasal dari mana, kata Direktur Reserse Narkoba Polda Sumsel, Pol Drs Juni SH, pada Selasa (3-10-2017).

 

Dikatakan, kepolisian sendiri tidak menduga akan menemukan gudang obat-obatan kedaluarsa di Pasar 16 Ilir Palembang. Sebab, semula pihaknya hanya ingin menelusuri isu peredaran dari pil PCC, yang belakangan jadi viral di beberapa wilayah karena efeknya sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian.

 

Hasilnya, di kota Palembang memang tidak atau belum ditemukan pil tersebut, tapi yang didapat justru obat-obatan kadaluwarsa. Pengelola gudang obat-obatan ini ada dua. Satu (DA) sudah kita amankan dan satu lagi masih dalam pengejaran. Kita himbau untuk menyerahkan diri saja, ucapnya.

 

Dikatakan, saat ini gudang tersebut sudah disegel dengan dipasang police line guna pemeriksaan lebih lanjut. Terlebih, gudang obat dalam ruko dengan merek Apotik Rakyat Bersama itu juga tidak mengantongi izin dari Dinas Kesehatan dan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Kita terus koordinasi dengan pihak terkait dan rencananya obat-obatan ini akan dimusnahkan besok oleh BPOM, ungkapnya. Perwira menengah ini juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih jeli dan pintar dalam membeli obat-obatan.

 

Terpenting perhatikan tanggal kadaluwarsanya. Jangan sampai tergiur harga murah, dengan harapan sakit bisa sembuh tapi malah semakin parah. Kemudian kalau dapat informasi tentang obat berbahaya atau kedaluwarsa, silakan laporkan ke polisi atau BPOM, ujarnya.

SHARE