Home Informasi Serta Merta Kompol Alpiansyah Putra, SH Pimpin Giat Supervisi Ke Polsek

Kompol Alpiansyah Putra, SH Pimpin Giat Supervisi Ke Polsek

0

Musi Rawas, Sumsel- Boardman et.al. dalam bukunya Democratic Supervision in Secondary School sebagaimana dikutip oleh Soekarto Indrafachrudi mengartikan supervisi sebagai berikut:

Supervisi adalah suatu usaha menstimulasi, mengkoordinasi dan membimbing secara kontinyu pertumbuhan guru-guru sekolah, baik secara individual maupun secara kelompok, agar lebih mengerti, dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran, sehingga dengan demikian mereka mampu dan lebih cakap berpartisipasi dalam masyarakat demokrasi modern.

Supervisi adalah prosedur memberi arah serta mengadakan penilaian secara kritis terhadap proses pengajaran.

Berdasarkan definisi-definisi tersebut, dapat simpulkan bahwa pada hakekatnya supervisi mengandung beberapa kegiatan pokok, yaitu pembinaan yang kontinyu pengembangan kemampuan profesional personil.

Kabag Sumda Polres Musi Rawas Kompol Alpiansyah Putra, SH bersama Tim melaksanakan kegiatan Supervisi ke Polsek jajaran wilayah Kabupaten Muratara (10/10).

Adapun Tim Supervisi Polres Mura, sbb:
– Kabag Sumda, Kompol Alfiansyah Putra
– KBO Sat IK Polres Mura, IPDA Fauzan Aziman
– Kasi Propam Polres Mura, IPDA Eryunik
– AIPDA Krismayanto, PS. Paurmin Pers
– BRIPKA Heri Usman
– BRIPDA Berry

Kegiatan supervisi pertama di Polsek karang Jaya, personil yang hadir 10 orang dengan giat arahan apel di depan mako polsek dilanjutkan arahan diaula polsek karang jaya oleh kabag sumda, dengan penekanan kebersihan mako, sikap tampang anggota, kelengkapan identitas diri, riksa senpi dan ranmor. Hasil giat Supervisi di Polsek Karang Jaya ditemukan sikap tampang, pakaian tidak rapi dan 1 kartu senpi habis masa berlaku.

Kemudian dilanjutkan ke Polsek Rawas Ulu jam 11.00 wib, personil yang hadir 14 personil dengan giat arahan diruang pelayanan Polsek Rawas Ulu, dgn penekanan kebersihan mako, sikap tampang anggota, kelengkapan identitas diri, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi dan pemriksaan ranmor. Hasil giat Supervisi di Polsek Rawas Ulu ditemukan 1 kartu senpi habis masa berlaku.

Kemudian tim supervisi melanjutkan perjalananan ke polsek Nibung tiba jam 13.30 wib, personil 23 org hadir lengkap, dengan giat perkenalan pers polsek di depan Mako Polsek kemudian arahan di aula polsek dgn penekanan kebersihan mako, sikap tampang anggota, kelengkapan identitas diri, riksa senpi riksa ranmor. Dari hasil giat tersebut ditemukan 9 kartu senpi habis masa berlaku.

Kemudian tim melanjutkan perjalanan ke polsek rawas ilir tiba jam 16.15 wib, personil 19 org, giat langsung arahan kbg sumda di aula polsek, dgn penekanan kebersihan mako, sikap tampang anggota, kelengkapan identitas diri, riksa senpi dan ranmor, temuan 3 kartu senpi habis masa berlaku

 

Dalam sambutannya Kabag Sumda menyampaikan agar personel meningkatkan kinerja dan sampaikan perintah pimpinan agar benar-benar diatensi untuk penggunaanya mengingat ada dua kasjol di wilkum Polda Sumsel, yaitu kasus bunuh diri anggota Polsek Sungai Lilin Res Muba dan TP 365 KUHP oleh pers Polri di Wilkum Restabes Plg.

 

Hasil pelaksanaan Supervisi sebagai berikut :
– Masih ditemukan sikap tampang personel Polri yg kurang rapi seperti seragam bias, rambut panjang dan berjenggot.
– Jumlah senpi dan ranmor lengkap dalam keadaan baik.
– Masih ada kartu senpi yg sudah habis masa berlaku.

Kapolres Musi Rawas AKBP Pambudi, SIK membenarkan adanya kegiatan supevisi ke Polsek. Kegiatan Supervisi ini adalah bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja personil Polres Musi Rawas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

SHARE