Home Informasi Serta Merta Mengantisipasi Karhutla di Wilayah Ogan Ilir, Kapolres Ogan Ilir Instruksikan Enam Polsek...

Mengantisipasi Karhutla di Wilayah Ogan Ilir, Kapolres Ogan Ilir Instruksikan Enam Polsek untuk Lakukan Patroli Terpadu

0
Mengantisipasi Karhutla di Wilayah Ogan Ilir, Kapolres Ogan Ilir Instruksikan Enam Polsek untuk Lakukan Patroli Terpadu

Polda Sumsel – Kepala Kepolisian Resor Ogan Ilir, Sumatera Selatan, bekerjasama dengan Pemerinta Daerah Ogan Ilir dan pengusaha gelar rapat koordinasi penanganan pencegahan Karhutla di Kabupaten Ogan Ilir.

Rapat koordinasi ini dilakukan sejak bulan Juni 2017 sampai dengan sekarang, pada Senin (2-10-2017). Kapolres Ogan Ilir mengatakan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Ogan Ilir, berbagai bentuk pencegahan terus digerakkan oleh jajarannya.

Kegiatan berupa sosialisasi, patroli dan penyebaran maklumat Kapolda tentang sanksi pembakaran baik yang segaja maupun akibat kelalaian kini mulai dicanangkan oleh Polri bekerja sama dengan TNI serta Pemerintah Daerah Pemda Ogan Ilir dibantu Manggala Agni, pembuatan sekat kanal, pembuatan embung yang bekerjasama dengan masyarakat dan perusahaan, himbauan karhutla, pemasangan spanduk dan penyebaran maklumat kapolda sumsel.

Antisipasi Karhutla tahun ini pun akan menitikberatkan kepada aspek pencegahan. Dan untuk mewujudkan itu, kita akan melakukan patroli terpadu secara berkala mencegah terbentuknya titik api penyebab Karhutla.

Dikatakan Kapolres Ogan Ilir, terdapat sebanyak enamPolsek  di wilayah Ogan Ilir yang akan menjadi fokus penanganan pencegahan Karhutla, serta melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pemerintahan setempat dengan melibatkan unsur – unsur terkait dalam penangan karhutla, seperti camat, aparatur desa, TNI, bhabinsa, babinkamtibmas, perusahanan pada daerah tersebut dan lain-lain.

BMKG dan BPBD sudah memprakirakan potensi kebakaran akan menurun pada bulan Oktober ini diperrkirakan hujan akan turun. Namun, curah hujan belum sering terjadi, sehingga  pencegahan lewat patroli karhutla, penyebaran maklumat kapolda  harus dilakukan maksimal.

Supaya masyarakat sadar bahwa membakar lahan tersebut merupakan tindakan pidana, terangnya.

Untuk penegakan hukum, sesuai instruksi Presiden, apabila sudah ada dua alat bukti, segera lanjutkan proses hukum dan pelaku ditindak. Termasuk kasus lama dilanjutkan lagi dan instruksi Presiden harus ditindak tegas, tidak ada tebang pilih, jelasnya.

SHARE