Home Informasi Berkala Penyiraman Air Kembang Dan Pemakaian Baret Oleh Kapolres Blora, Tutup Tradisi Pembaretan...

Penyiraman Air Kembang Dan Pemakaian Baret Oleh Kapolres Blora, Tutup Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Angkatan 41

0

tribratanews.polri.go.id – Blora, Setelah melalui masa orientasi penggemblengan fisik dan mental selama 7 bulan, Bintara Remaja angkatan 41 di Polres Blora akhirnya kemarin telah melaksanakan tradisi pembaretan sebagai tanda bahwa mereka sudah layak untuk bergabung dengan fungsi Sabhara yang ada di Polres Blora. Senin (30/10/10)

Namun sebelum melaksanakan upacara pembaretan, selama dua hari para bintara remaja telah melaksanakan Orientasi Wilayah Kabupaten Blora dengan melakukan Long march jalan kaki, pelatihan SAR, dan haling ringtang di daerah kawasan hutan Bogorejo, Blora.

Upacara penutupan pembaretan bintara baru angkatan 41 diikuti sebanyak 22 Bintara Remaja Polres Blora, yang terdiri dari 21 Polisi laki-laki dan 1 Polwan bertempat di lapangan Desa Gandu, Kecamatan Bogorejo oleh Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H di dampingi oleh Waka Polres Kompol Indriyanto dan para pejabat utama Polres Blora hari Minggu (29/10/17) kemarin siang.

Selaku Inspektur Upacara Kapolres Blora menyiramkan air kembang kepada dua perwakilan Polwan dan Polki dan menyematkan baret dikepala tanda telah syahnya Bintara Remaja angkatan 41 bergabung menjadi keluarga besar Polres Blora.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Blora bertendak selaku pimpinan memberikan arahan, yang intinya bahwa tridisi pembaretan ini merupakan hal yang biasa kita jalankan di Organisasi Kepolisian. Kegiatan seperti ini bukan semata-mata untuk menyakiti atau bertindak kejam. Melainkan ingin menumbuhkan dan tetap menjaga jiwa korsa serta untuk menjalin hubungan kekeluargaan diantara Kepolisian dengan warga masyarakat, saling mengenal dan mengetahui lingkungan alam yang perlu kita lestarikan.

“Salah satu upaya meningkatkan profesionalisme anggota Sabhara Polri melalui pemeliharaan dan peningkatan kemampuan serta pelatihan yang berhubungan dengan tugas pokok, fungsi dan peranan Sabhara sebagai garda terdepan Kepolisian,” ujar AKBP Saptono.

Kapolres menerangkan, mengingat tugas-tugas Kepolisian yang semakin komplek maka kita perlukan kekuatan fisik, tenaga dan pikiran kita dan yang tak kalah pentingnya rasa keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME harus senantiasa kita tanamkan dalam diri kita sebagai Insan Bhayangkara sejati.

“Pemasangan Baret Sabhara merupakan tanda memasuki dunia baru sebagai Polisi sejati. Kalian adalah generasi penerus polisi yang harus memegang teguh nilai-nilai luhur. Polisi yang tahu dan paham sebagai seorang Bhayangkara bukan hanya profesional dalam bertugas tapi sikap mental keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan harus kita junjung tinggi,” jelas Kapolres Blora dihadapan Bintara Remaja dalam Upacara Pembaretan.

AKBP Saptono juga memberikan beberapa penekanan untuk para Bintara remaja diantaranya,  jalin kerukunan dan kebersamaan diantara kita dan masyarakat untuk mengemban tugas-tugas Kepolisian yang kita jalankan. Hindari perilaku yang bertentangan dengan aturan-aturan dan norma-norma yang dapat merusak citra baik Kepolisian. Sebagai Insan Bhayangkara hendaknya kita harus bisa mengendalikan diri dalam menghadapi suatu permasalahan dan harus bisa kita selesaikan permasalahan yg dihadapi dengan kepala dingin.

“Jadilah polisi dambaan masyarakat, tugas tantangan semakin berat, saya pesan, jaga fisik dan penampilan, karena itu menunjang tugas. Jaga integritas, karena itu adalah cerminan dari dirimu. Selamat memasuki dunia baru dan selamat bergabung di jajaran Polres Blora. Jadikan Polres Blora kebanggaan dengan menjadi sosok yang melindungi mengayomi dan melayani masyarakat,” tutup Kapolres Blora.

SHARE