Home Informasi Serta Merta Polda Sumut Gelar Operasi Aman Nusa II

Polda Sumut Gelar Operasi Aman Nusa II

0

Polda Sumut resmi menggelar Operasi Aman Nusa II di seluruh wilayah Sumatera Utara. Operasi ini digelar setelah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prediksi anomali cuaca tahun depan.
Prediksi itu menyebutkan, pada 2018 wilayah Sumut akan mengalami Elnino dengan suhu panas dan kering disertai hembusan angin sangat kencang yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
Potensi itu akan terjadi di semua daerah di Indonesia, termasuk di Sumatera Utara (Sumut). Untuk mengantisipasi itu, Polda Sumut menggelar Operasi Aman Nusa II 2017.
“Operasi Aman Nusa II tahun 2017 dalam rangka Penanggulangan Karhutla di wilayah Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan pada hari ini (kemarin),” kata Kapolda Sumut, Irjen Paulus Waterapauw dalam amanatnya pada Apel Operasi Aman Nusa II tahun 2017 di Mapolda Sumut, Senin (30/10/2017).
Kapolda mengatakan, darurat kebakaran hutan dan lahan maupun kabut asap sudah menjadi atensi Presiden RI. Melalui unit kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) telah mengundang jajaran Polri untuk melaksanakan rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan.
“Presiden menegaskan pentingnya peran pimpinan daerah dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan memposisikan Kepolisian untuk menjadi inisiator dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan tersebut,” tambahnya. (ms)

SHARE