Beranda Informasi Setiap saat Polda Sumut Himbau Pengguna dan Pemilik SIM Palsu Agar Kembalikan ke Polisi

Polda Sumut Himbau Pengguna dan Pemilik SIM Palsu Agar Kembalikan ke Polisi

0

humas.polri.go.id- Pemegang Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu bisa dijerat dengan hukuman pidana. Polda Sumut mengimbau masyarakat yang memegang SIM palsu segera mengambalikannya. Ini menyusul penggrebekan pabrik SIM palsu di Jln Setia Luhur, Kel Dwikora, Medan Helvetia, beberapa waktu lalu.

“Untuk masyarakat Sumut, khususnya Medan yang memiliki SIM palsu agar memgembalikannya kepada Subdit III Jahtanras Polda Sumut. Karena yang memiliki SIM palsu bisa terkena hukuman pidana. Pemilik dapat dikenakan pasal 266 KUHPidana karena menggunakan dokumen atau surat palsu,” tegas Kasubdit III/Jatanras Dit Reskrimum Polda Sumut AKBP Faisal Napitupulu.

Kata dia, pemilik SIM palsu bisa dijadikan tersangka karena menggunakannya sebagai syarat utama berkendara. Sebaliknya, jika bersikap kooperatif dengan segera mengembalikan SIM palsu tersebut, maka bisa disebut sebagai korban.

Melalui petugas lalu lintas, lanjut AKBP Faisal, pihak akan bekerjasama untuk menyelidiki sekaligus menindak pemilik atau pengguna SIM palsu. Jika pengemudi kendaraan bermotor kedapatan memakai SIM palsu tersebut akan langsung diproses. Kepolisian telah mengenali ciri-ciri fisik perbedaan SIM asli dengan yang palsu.

“Kita imbau SIM palsu itu untuk segera dikembalikan karena sebenarnya dia adalah korban. Tapi, kalau nantinya kita temukan di lapangan, maka akan kita jadikan tersangka,” kata AKBP Faisal.

Disinggung soal tersangka baru, AKBP Faisal memastikan masih tiga orang, termasuk anggota Yanma Polda Sumut Bripka Rida Fahmi. Tapi Faisal juga belum bisa memastikan sanksi internal yang akan diterima calo SIM palsu tersebut.(ad)

BAGIKAN