Home Informasi Serta Merta Polisi Peduli dan Bantu Bayi Lahir Tanpa Anus

Polisi Peduli dan Bantu Bayi Lahir Tanpa Anus

0

Polres Wonogiri — Menindaklanjuti arahan Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora, SH, SIK agar polisi itu harus peduli pada masyarakat diwilayahnya, maka Kepolisian jajaran Polsek Sidoharjo, pada hari Minggu (29/10), peduli memberikan bantuan sembako dan perlengkapan bayi, kepada keluarga pasangan suami-istri Rofik Hidayah (30) – Ny Monita Febrianti (17), yang melahirkan bayi tanpa anus. Bantuan diberikan sebagai tanda tali asih, terkait dengan penderitaan keluarga Rofik-Monita. Pasangan suami-istri warga Dusun Cungkrung RT 1/RW 1, Desa Mojoreno, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, ini telah menerima kelahiran bayi perempuan berkelainan tanpa memiliki anus, dan itu perlu menjalani tindakan operasi ke rumah sakit di Solo.

Disebutkan oleh Ny Monita, bayi dengan kelamin perempuan tersebut, dia lahirkan tanggal 28 Agustus 2017 lalu. Kepada buah hatinya tersebut, diberikan nama Arumi Nasha Rashita. Persalinan kelahirannya, ditangani oleh Bidan Wida (46) di Dusun Bakalan Kulon RT 1/RW 2, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Tapi sejak lahir, bayi Arumi selalu rewel menangis terus. Oleh orang tuanya, Arumi kemudian diperiksakan ke dokter spesialis anak, Irawan, di RSUD Kabupaten Wonogiri. Dari pemeriksaannya, diketahui bahwa Arumi tidak memiliki lubang anus. Untuk penanganannya, Arumi dirujuk ke RSUD dokter Moewardi di Solo. Oleh dokter di RSUD dokter Moewardi di Solo, kemudian dilakukan tindakan operasi untuk membuatkan lubang anus. Arumi harus menjalani opname selama 40 hari, sebelum kemudian diperbolehkan pulang.

”Tapi dokter berpesan, ketika nanti Arumi berusia tiga bulan, diminta untuk menjalani lagi tindakan operasi lanjutan, guna menyempurnakan lubang anus buatannya,” jelas Ny Monita.

Menyikapi penderitaan tersebut, Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora melalui Kasubbag Humas AKP Hariyanto dan Kapolsek Sidoharjo AKP Sumitro, berinisiatif untuk memberikan bantuan tali asih, berupa sembako dan peralatan bayi. Hal ini mengingat, keluarga bayi Arumi tergolong warga kurang mampu.

Bantuan sembako dan peralatan bayi, diserahkan oleh Kanit Sabhara Ipda Wahyu bersama 3 personel Polsek Sidoharjo, bersamaan ketika melakukan silaturahmi ke rumah Monita.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

(Polsek Sidoharjo)

SHARE