Home POLDA JAWA TENGAH Polres Sukoharjo Bersama Instansi Terkait Gelar Pemeriksaan Kanker

Polres Sukoharjo Bersama Instansi Terkait Gelar Pemeriksaan Kanker

0

Polda Jateng. Sukoharjo – Dalam rangka mendukung program dari pemerintah untuk menekan jumlah angka kematian akibat kanker utamanya kanker serviks dan kanker payudara, Jajaran Kepolisian Resor Sukoharjo bekerjasama dengan Laboratorium Budi Sehat, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Sukoharjo dan Bhayangkari Cabang Sukoharjo, menggelar pemeriksaan IVA (Infeksi Visual dengan Asam Asetat) dan Pap Smear serta pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) di Klinik Kesehatan Polres, Rabu (11/10/2017).

Iptu Retna Wiyarti selaku Perwira Urusan Kesehatan (Paur Kes) mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, SIK, MH, MSi mengatakan kegiatan ini salah satu bentuk dukungan dari Polres Sukoharjo kepada Pemerintah untuk menekan jumlah angka kematian yang disebabkan oleh penyakit Kanker. Menurutnya, Kanker merupakan penyebab kematian di Indonesia yang berada nomor dua.

“ Dalam kegiatan ini, Polres bekerjsama dengan berbagai pihak. IVA / Pap Smear dan Sadari cara deteksi dini untuk mengetahui gejala penyakit kanker serviks dan kanker panyudara, pada perempuan yang belum menikah dan tidak sedang haid,” papar Iptu Retna.

Untuk target peserta yang mengikuti program ini, Iptu Retna menjelaskan bahwa dalam pemeriksaan ini sekitar 100 orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Sukoharjo.

“ Agar maksimal, tiap Polsek di wilayah Sukoharjo untuk mengirimkan 3 – 5 orang warganya,” jelasnya.

Lebih lanjut, jika nantinya dalam pemeriksaan ini ada peserta yang positif terkena gejala kanker, kami akan anjurkan untuk berkonsultasi ke Dokter Spesialis maupun Rumah Sakit. Pihaknya berharap dengan langkah kecil seperti ini, akan berdampak pada turunnya angka kematian yang disebabkan oleh Kanker.

“ Ya kami berharap, semoga dengan program ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, serta mengetahui sedini mungkin gejala kanker, bila nanti ditemukan ada gejala dapat segera ditangani,” pungkasnya.

SHARE