Home POLDA JAWA TENGAH Polres Sukoharjo Peringati Hari Sumpah Pemuda

Polres Sukoharjo Peringati Hari Sumpah Pemuda

0

Polda Jateng, Sukoharjo – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun 2017, Jajaran Kepolisian Resor Sukoharjo menggelar upacara di halaman Mapolres, Senin (30/10/2017).

Dalam upacara ini, Kabag Sumda Kompol Basirun menjadi inspektur upacara sedangkan komandan upacara Kaur Bin Ops Sat Binmas Iptu Maryana dan diikuti oleh personil Polres Sukoharjo baik Perwira Staf, Brigadir serta ASN (Aparatur Sipil Negara).
Upacara dengan mengambil Tema ” PEMUDA INDONESIA BERANI BERSATU “, Kabag Sumda membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia Imam Nahrowi, yang intinya mengingatkan bahwa dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan : “jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir.”

Selanjutnya Menpora mengatakan bahwa pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api Sumpah Pemuda harus diambil dan terus dinyalakan. Warga Negara Indonesia harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, yang juga harus dilawan adalah ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. Karena ego inilah yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Dengan berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

SHARE