Home POLDA JAWA TENGAH Polsek Pemalang Amankan Giat Larung Sesaji di DesaTanjungsari, Pemalang

Polsek Pemalang Amankan Giat Larung Sesaji di DesaTanjungsari, Pemalang

0

Polres Pemalang – Polsek Pemalang, Polres Pemalang, Polda Jawa Tengah bersama Satpol Air Polres Pemalang telah mengamankan secara terbuka dan tertutup kegiatan Baritan atau Sedekah Laut  di Dukuh Pencolotan Tanjungsari Kec/Kab.Pemalang dalam keadaan aman dan kondusif pada hari Rabu (4/10) pukul 11.00 Wib,

Acara dihadiri oleh Perwakilan Kelurahan Sugihwaras, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kel.Sugihwaras, Satpolairud Res Pemalang, Posal Tanjungsari, KUD Mina Misoyosari, Ketua NNSI Pemalang, dan masyarakat nelayan.

Setelah acara sambutan oleh Ketua panitia, koordinator keamanan dan Ketua KUD Misoyosari yang  dilanjutkan pelepasan ancak / sesaji  untuk dilarung ke tengah laut. Kegiatan prosesi larung sesaji diiringi kurang lebih 40 perahu nelayan yang telah dihias sedemikian rupa sehingga terlihat semakin menyemarakkan suasana.

Dalam pelaksanaannya, kapal patroli Satpolair Polres Pemalang mengawal sesaji yang berisikan kepala kerbau dan tumpeng dan berbagai hasil bumi  tersebut ke tengah laut.

“Kegiatan tradisi semacam ini adalah sebagai wujud rasa syukur kami para nelayan dengan hasil tangkapan ikan selama ini, dan juga pengharapan agar hasil penangkapan ikan di kemudian hari bertambah banyak.” ujar Pandi, salah seorang nelayan.

Sebelum perahu nelayan berangkat mengiringi larung sesaji, Bhabinkamtibmas kel.Sugihwaras Aipda Fahrudin Ali Ahmad  memberikan himbauan kepada warga agar yang ikut naik ke perahu jumlahnya tidak melampaui kapasitas, karena ini akan membahayakan keselamatan.

“Masih dalam rangkaian kegiatan Larung Sesaji, pada siang dan malam hari nanti akan ditampilkan pula pertunjukkan Orkes untuk menghibur masyarakat khususnya warga kelurahan Sugihwaras,” ujar  Untung, Relawan (Seklur Sugihwaras).

Humas Polres Pemalang

SHARE