Home POLDA JAWA TENGAH Polsek Rembang Polres Purbalingga Bersama BPBD Kabupaten Evakuasi Pohon Tumbang

Polsek Rembang Polres Purbalingga Bersama BPBD Kabupaten Evakuasi Pohon Tumbang

0
Polda Jateng, Purbalingga – Sebuah pohon Akasia dengan lingkar sekitar 80 centimeter tumbang di wilayah Dusun Kemangunan, Desa Wlahar, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Rabu (4/10/2017) malam.
Pohon yang berukuran cukup besar tersebut tumbang ke arah jalan raya. Akibatnya batang pohon menutup jalan dan menggangu arus lalu lintas di jalan raya arah Pengadegan – Rembang.
Kapolsek Rembang AKP Ngatijan mengatakan anggota polsek yang mendapatkan laporan warga langsung mendatangi lokasi kejadian. Sesampainya di lokasi, langsung mengecek keberadaan pohon tumbang tersebut.
“Karena pohon yang tumbang cukup besar dan membutuhkan alat seperti pemotong kayu, kita menghubungi dan meminta bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” jelas kapolsek.
Setelah bantuan datang, personel dari Polsek Rembang dan tim dari BPBD kabupaten mulai melakukan evakuasi pohon yang tumbang. Pohon tersebut terlebih dahulu dipotong pada beberapa bagian untuk selanjutnya dipindah dari jalan.
Setelah berlangsung sekitar satu jam, akhirnya pohon yang menutup jalan berhasil dievakuasi. Semua batang dan ranting pohon yang berserakan dibersihkan sehingga arus lalu lintas normal kembali.
Kapolsek menambahkan, penyebab tumbangnya pohon diduga akibat usia pohon yang sudah tua sehingga lapuk. Apalagi saat kejadian hujan turun cukup lebat sehingga pohon tidak kuat menahan air hujan hingga roboh.
“Walaupun sempat membuat macetnya arus lalu lintas jalur Pengadegan – Rembang, beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut,” kata Kapolsek.
Kapolsek berharap pihak terkait segera melakukan pengecekan terhadap pohon peneduh yang ada di pinggir jalan. Untuk yang sudah lapuk hendaknya agar segera dipotong. Sehingga kejadian pohon roboh tidak terulang bembali, mengingat cuaca akhir ini sering turun hujan lebat.
( Humas Polres Purbalingga Polda Jateng )
SHARE