Home Informasi Serta Merta Program Polcil Polres Wonogiri, Tumbuh Jadi Agen Polisi di Lingkup Keluarga

Program Polcil Polres Wonogiri, Tumbuh Jadi Agen Polisi di Lingkup Keluarga

0

Polres Wonogiri — Polisi Cilik (Pocil), tumbuh menjadi agen polisi di lingkup masing-masing keluarganya. Terkait ini, maka keberadaannya harus didukung oleh semua pihak, termasuk oleh orang tua siswa dan wali murid, para guru dan Kepala Sekolah (Kasek), pamong desa dan aparat serta institusi pemerintahan.

Demikian ditegaskan Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora, SH, SIK ketika melakukan kunjungan kerja untuk meninjau pelatihan kompi Pocil di SD III Selorejo, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Ikut menyertai kunjungan kerja Kapolres, sejumlah perwira Polres dan Kepala Satpol-PP Wonogiri, Waluyo, dan Kapolsek Girimarto AKP L Amani dan Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri Ibu Eka Mohammad Tora.

Kasubag Humas Polres AKP Haryanto didampingi Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, Jumat (27/10), menyatakan, peleton Pocil dibentuk secara serentak di 25 wilayah Polsek se Kabupaten Wonogiri. Personel Pocil, merupakan gabungan anak-anak dari beberapa SD yang eksis di masing-masing kecamatan setempat. Mereka dilatih baris-berbaris oleh personel Polsek, dan juga diberikan manuver gerakan senam lalu lintas, yang merupakan penggambaran visual dari gerakan tangan dan anggota tubuh, untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas secara manual.

Di Kecamatan Jatiroto, pelatihan peleton Pocil ditangani langsung oleh Kapolsek Iptu Unggul. Hari-harinya melakukan pelatihan di halaman SMK 1 Jatiroto. Kemudian di Kecamatan Kismantoro, pelatihan Pocil dipimpin Kapolsek Iptu Bambang Suripto. Di Kecamatan Girimarto, pelatihan Pocil dipimpin Kapolsek AKP L Amani.

Sementara itu dari Kecamatan Giriwoyo dilaporkan, Kapolsek Giriwoyo AKP Mulyanto, memimpin road show Pocil dengan menggelar aneka demo ketrampilan baris-berbaris dan manuver gerakan isyarat pengaturan lalu lintas di halaman Kantor Kecamatan Giriwoyo. Kegiatan Road show Pocil, juga dilakukan di sejumlah lokasi sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Giriwoyo. Pocil di Giriwoyo beranggotakan 64 siswa SD.

”Mereka siap ketika nanti sewaktu-waktu ditunjuk untuk mengikuti lomba,” ujar AKP Mulyanto.

Kegiatan road show Pocil  Polsek Giriwoyo, mendapatkan sambutan positif dari kalangan orang tua dan wali murid. Para orang tua, merasa bangga ketika anak-anaknya terpilih mengikuti latihan Pocil. Karena dengan mengikuti pelatihan Pocil, terbentuk sikap disiplin untuk senantiasa tertib, dan membangkitkan pula semangat untuk pantang menyerah, dan pembentukan karakter yang membanggakan bagi orang tua masing-masing.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

SHARE